JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

KOTA JAMBI - Sesuai dengan surat undangan terkait Sosialisasi Aplikasi Sibibit dari BBP2TP, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi menjadi salah satu UPT Kementerian Pertanian di daerah yang mengikuti Sosialisasi Aplikasi Sibibit oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, pada Kamis, 19 Agustus 2021 secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan sosialisasi ini diadakan sebagai persiapan dalam pelaksanaan monitoring data jumlah ketersediaan bibit ternak di setiap provinsi di Indonesia.

Kegiatan pelatihan dibuka langsung Kepala Puslitbangnak dalam hal ini diwakili oleh Bu Andi Saenab, serta dihadiri oleh 67 peserta dari BPTP seluruh Indonesia. Kemudian setelah kata sambutan langsung dilaksanakan penjelasan dan pemaparan oleh pengembang aplikasi Sibibit yaitu Pak Andika Wahyu. Adapun peserta yang mengikuti sosialisasi ini nantinya akan menjadi petugas pelaksana input data ke dalam aplikasi sibibit tersebut.

Aplikasi Sibibit adalah aplikasi berbasis web yang dapat diakses secara langsung lewat komputer/pc, tablet atau smartphone, melalui browser seperti Chrome, Firefox, Safari, dan Opera yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Balitbangtan dalam rangka untuk melakukan monitoring jumlah sebaran bibit ternak seluruh komoditi peternakan di Kementerian Pertanian di seluruh Indonesia.

Adapun beberapa data yang harus diinput oleh petugas input antara lain data target tahunan berupa jumlah (ekor) dalam satu tahun dan data sebaran produk bulanan dengan rincian permintaan, realisasi, keterangan dan tujuan provinsi. Kemudian hasil inputan tersebut akan dapat diolah didalam sistem aplikasi menjadi laporan-laporan antara lain laporan sebaran bulanan, laporan sebaran produk, laporan target dan realisasi tahunan per instansi, serta laporan target vs realisasi. Selain itu laporan-laporan tersebut juga dapat ditampilkan dalam bentuk grafik dan diunduh dengan cara disimpan ke dalam format microsoft excel.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi, ditandai dengan cukup banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh peserta sosialisasi. Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, kemudian dilanjutkan dengan telah dibuatkannya Whatsapp Grup terkait para pengguna aplikasi ini nantinya akan menjadi koordinasi yang baik dalam rangka memenuhi ketersediaan data yang dibutuhkan. (HA)