JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

MUARO JAMBI - Rabu, 9 Juni 2021 Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) kembali menerima kunjungan edukasi dari Taman Kanak-Kanak Al-Ikhlas, Km. 13 Pondok Meja, Kecamatan Mestong, Muaro Jambi. Kegiatan kunjungan dihadiri oleh 43 orang peserta yang terdiri dari 25 orang siswa, 3 orang guru dan 15 orang wali murid.

Kegiatan kunjungan dibuka dengan sambutan dari Hery Nugroho, S.P.,M.P. selaku kepala IP2TP Sungai Tiga. Kemudian sambutan dari Sri Nursanah, S.Pd. selaku Kepala TK Al-Ikhlas. Dalam sambutannya Beliau berharap kunjungan edukasi ini dapat menambah wawasan pengetahuan anak-anak dalam mengenal berbagai jenis tanaman.

Syafri Edi selaku Penanggung jawab (Penjab) Taman Agro Inovasi (Tagrinov) beserta tim memandu kegiatan kunjungan edukasi yang diawali dengan foto bersama. Dilanjutkan dengan mengunjungi Tagrinov untuk pengenalan jenis-jenis tanaman, manfaat tanaman dan media tanam yang digunakan, seperti tanaman selada, kailan, daun bawang, cabe, daun mint, daun sirih, media tanam hidroponik dan media tanam tanah. Tidak hanya itu, anak-anak TK Al-Ikhlas juga diajak untuk mempraktikkan secara langsung cara menanam kangkung di lahan tanah.

Syafri Edi menjelaskan kepada anak-anak bahwa biji kangkung yang telah mereka tanam dapat dipanen setelah 21 hari, yaitu pada tanggal 29 Juni. Beliau mengundang anak-anak dan guru TK Al-Ikhlas agar datang kembali ke IP2TP untuk melakukan proses panen.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi rumah koleksi Sumber Daya Genetik (SDG). Kedatangan anak-anak disambut hangat oleh Ir. Julistia Bobihoe selaku Penjab SDG. Beliau mengenalkan kepada anak-anak berbagai SDG spesifik Jambi antara lain: SDG tanaman anggrek (anggrek alam), tanaman obat dan tanaman buah, yang berasal dari berbagai kabupaten yang ada di Jambi. Selain itu juga diperkenalkan tanaman hias yang ada di rumah koleksi SDG.

Setelah mengenal berbagi jenis tanaman sayur, bunga dan buah, anak-anak TK Al-Ikhlas diajak berkeliling IP2TP untuk mengunjungi hewan ternak seperti sapi dan kambing. Dengan sangat senang dan antusias mereka menghitung jumlah hewan ternak, memegang serta memberi makan.

Tidak hanya anak-anak, Wali murid TK Al-Ikhlas juga diberikan kesempatan untuk mengenal lebih jauh cara penanaman sayuran secara hidroponik. Sri Nursanah menyebutkan bahwa ini merupakan kunjungan yang ke-2 kalinya ke IP2TP. Beliau mengucapkan terima kasih atas kesediaan serta penyambutan dalam kunjungan edukasi TK Al-Ikhlas dan Beliau juga berharap kedepannya agar IP2TP bersedia untuk membuat MoU dalam rangka memudahkan dalam penjadwalkan kegiatan pembelajaran di TK Al-Ikhlas.

Menutup kegiatan kunjungan edukasi, bertempat di pendopo dilakukan evaluasi terhadap apa yang telah dikunjungi, dilihat dan dipraktikkan anak-anak. Kegiatan ini dilakukan sambil bercanda dan bernyanyi sehingga anak-anak merasa senang. Sri Nursanah berharap agar pada waktu panen tanaman kangkung yang direncanakan pada tanggal 29 Juni nanti akan datang lagi sekaligus penandatanganan MoU antara TK Al-Ikhlas dengan BPTP, hal ini akan dikoordinasikan Syafri Edi dengan BPTP, kegiatan kunjungan dan edukasi sekaligus ditutup dan terima kasih atas kunjungannya, serta mohon maaf jika ada kekurangan dalam penyambutan. Semoga dengan adanya kunjungan edukasi ini dapat menambah ilmu pengetahuan serta semangat bagi anak-anak dalam belajar. (LS)