JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BUNGO - Rabu 2 Juni 2021, bertempat di ruangan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bungo, Peneliti BPTP Jambi Syafri Edi melaksanakan koordinasi kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Koordinasi dilakukan langsung dengan Hartoyo Kadis DKP dan Jusniati Kasi Konsumsi Pangan.

Kegiatan P2L tahun 2021 di Kabupaten Bungo terdiri dari 4 lokasi P2L Pengembangan dan 5 lokasi P2L Penumbuhan. P2L Pengembangan berada di (1). Desa Tanjung Sri Kecamatan Bathin II Bebeko, (2). Desa Sungai Binjai Kecamatan Bathin II Bebeko, (3). Desa Laman Panjang Kecamatan Bathin III Ulu dan (4). Desa Sungai Beringin Kecamatan Pelepat. Sedangkan P2L Penumbuhan berada di (1). Desa Teluk Pandak Kecamatan Tanah Sepenggal, (2). Desa Sei Kerjan Kecamatan Bungo Dani, (3). Desa Rantau Pandan Kecamatan Rantau Pandan, (4). Kampung Sangi Desa Buat Kecamatan Bathin III Ulu dan (5). Desa Panjang Kecamatan Tanah Tumbuh.

Kelompok P2L Pengembangan adalah kelompok Tahap Penumbuhan tahun 2020 yang melaksanakan peningkatan fungsi sarana pembibitan, pengembangan demplot, pertanaman, dan penanganan pasca panen. Sedangkan kelompok P2L Tahap Penumbuhan adalah kelompok yang memenuhi kriteria penerima manfaat pada tahun 2021 untuk melaksanakan kegiatan sarana pembibitan, pengembangan demplot, pertanaman, dan penanganan pasca panen.

Sejalan dengan tugas dan fungsi BPTP pada kegiatan P2L adalah koordinasi dan pendampingan teknologi, maka tindak lanjut kegiatan koordinasi diikuti dengan pendampingan kegiatan P2L Penumbuhan di Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Pandak Dusun Teluk Pandak Kecamatan Tanah Sepenggal. Kegiatan dilaksanakan di aula BPP, diikuti oleh pengurus beserta anggota KWT, Kepala BPP dan staf, penyuluh, tim teknis P2L Kabupaten Bungo dan Kasie Konsumsi Pangan DKP Kabupaten Bungo. Kegiatan berupa sosialisasi program P2L dan teknologi budidaya tanaman pada lahan pekarangan. Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan lapang ke lokasi kebun bibit dan demplot diakhiri dengan diskusi, terutama tentang teknologi budidaya tanaman mulai dari persemaian sampai dengan panen serta pasca panen.

Pendampingan teknologi kegiatan P2L Pengembangan dilakukan di KWT Mekar Seri Kampung Tanjung Sri, Kecamatan Bathin II Bebeko. Pertemuan dilaksanakan di rumah ketua KWT, diikuti oleh pengurus dan anggota KWT, Camat Bathin II Bebeko, Sekretaris Camat, Kepala Dusun, Tim Teknis P2L Kabupaten dan Kasie Konsumsi Pangan DKP Kabupaten Bungo. Lokasi ini merupakan kegiatan P2L pengembangan, maka kegiatan pendampingan dilakukan berupa evaluasi kegiatan tahun 2020 dan program kerja tahun 2021.

Pada kesempatan ini Camat Kecamatan Bathin II Bebeko menghimbau kepada pengurus dan anggota KWT agar melaksanakan kegiatan P2L dengan baik dan benar sehingga tujuan dan sasaran kegiatan P2L tercapai, tidak hanya pengembangan pada pekarangan anggota tetapi juga pada kebun bibit dan demplot. Camat sangat berterima kasih kepada BPTP yang telah memberikan ilmunya dan berharap agar pendampingan teknologi seperti ini sering dilakukan oleh BPTP tidak hanya pada satu lokasi, tetapi juga pada lokasi-lokasi lain, sehingga masyarakat mengerti, mau dan mampu melaksanakan kegiatan P2L secara lestari. Karena menurut Camat kegiatan ini sangat bermanfaat tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan harian keluarga tetapi juga mampu menghemat dan meningkatkan penghasilan keluarga. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi, makan bersama dan ditutup dengan doa. (SE)