JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

KOTA JAMBI – Guna menyampaikan informasi yang perlu diketahui dari manajemen balai kepada seluruh pegawai maupun sebaliknya menggantikan apel pagi yang tidak dapat dilaksanakan karena pandemi Covid-19, maka BPTP Jambi melaksanakan pertemuan Seninan yang diselenggarakan setiap Senin pagi secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Dalam arahannya kepada seluruh pegawai saat membuka acara Seninan (31/5), Kepala BPTP Jambi Dr. Rustam menyampaikan beberapa informasi penting, antara lain terkait hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan anggota Komisi IV DPR RI bahwa Komisi IV sangat mengharapkan adanya pemanfaatan atau kerja sama dari Dirjen teknis terkait dengan UPT Balitbangtan dalam hal memproduksi benih unggul.

Terkait informasi ini Kepala Balai menjelaskan bahwa BPTP Jambi harus mempersiapkan Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) agar berperan lebih baik lagi, sehingga perlu dilakukan pembenahan kembali.

Kemudian dari hasil RDP juga diperoleh informasi bahwa seluruh esselon I diharapkan untuk melakukan bimbingan teknis, pelatihan dan sosialisasi mengenai program pemerintah serta penerapan inovasi dan teknologi pertanian. Kemudian sesuai himbauan Sekretaris Balitbangtan untuk melaporkan setiap minggu kegiatan terkait bimtek atau kegiatan yang bersifat pemberdayaan BPP Kostratani, oleh karena itu BPTP Jambi harus membina/ membimbing BPP kostratani khususnya BPP kostratani yang menjadi tugas BPTP jambi.

Kepala Balai mengharapkan agar geliat kegiatan BPTP Jambi pada minggu ini dipercepat lagi, baik itu kegiatan ABT (Anggaran Biaya Tambahan) maupun kegiatan sebelumnya. Kepala Balai juga menghimbau kepada penanggung jawab kegiatan agar selain mengejar target atau tujuan kegiatan, juga untuk melibatkan anggota tim yang ada pada kegiatan tersebut baik langsung ataupun tidak langsung untuk pencapaian tujuan/target masing-masing kegiatan.

Dalam pelaksanaan kegiatan pengkajian ataupun saat berinteraksi dengan instansi eksternal Kepala Balai mengingatkan seluruh keluarga besar BPTP Jambi agar saling mengingatkan dalam menjaga atau memutus mata rantai penularan Covid-19.

Kemudian dalam minggu ini BPTP Jambi mempunyai kegiatan kerja sama dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Muaro Jambi dalam mempersiapkan materi Insani yang dikelola Bapeltan di Desa Tangkit, untuk itu Kepala Balai meminta tim BPTP Jambi bisa ikut mempersiapkan acara ini secara baik karena nanti akan ditampilkan secara nasional.

Kegiatan Seninan dilanjutkan dengan penyampaian informasi dari masing-masing pimpinan unit. Koordinator Program dan Evaluasi (KPE) menyampaikan informasi terkait evaluasi SOP lingkup Balitbangtan yang dalam hal ini BPTP Jambi harus mengirimkan SOP layanan permohonan kerja sama pengkajian, bantuan benih sumber, laboratorium dan permohonan pemanfaatan fasilitas kebun percobaan. Untuk itu kepada masing-masing pimpinan unit terkait diharapkan dapat segera menyampaikan SOP yang dimaksud.

Kemudian sehubungan dengan sudah memasuki akhir bulan, KPE mengingatkan penanggung jawab kegiatan RDHP dan RODHP untuk segera mengirimkan laporan kegiatan agar dapat segera ditindaklanjuti ke BBP2TP paling lambat tanggal 5 Juni 2021. Selanjutnya pada minggu kedua atau ketiga Juni akan dilaksanakan Monev on going, dan pada akhir Juni akan dilaksanakan seminar tengah tahun.

Informasi dari Kepala IP2TP, disampaikan bahwa IP2TP masih menerima siswa magang dan kunjungan dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga dapat menghidupkan kegiatan di IP2TP.

Selanjutnya informasi dari Soreka yaitu karena sudah mulai memasuki hari raya Idul Adha 1442 Hijriyah maka BPTP Jambi melalui Soreka siap menampung kurban dari pegawai BPTP Jambi untuk disalurkan ke Masjid yang disepakati.

Selanjutnya disampaikan juga dari Kelti Sumberdaya bahwa kegiatan optimasi lahan kerja sama BPTP Jambi dengan Kabupaten Batanghari sudah mulai turun ke lapangan sejak tanggal 25 Mei lalu, dan akan ditindaklanjuti kembali dalam minggu ini. Sementara untuk kegiatan optimasi lahan di Sarolangun dan Tanjung Jabung Barat masing menunggu surat resmi dari pemerintah kabupaten.

Dari Kelti Pasca Panen, disampaikan bahwa tim pasca panen baru saja melakukan pemanenan Eco Enzyme (cairan alami serba guna) berbahan dasar kulit nanas tangkit, kulit jeruk dan batang sereh yang dilaksanakan di laboratorium pasca panen.

Mudah-mudahan melalui acara Seninan ini semua informasi dapat diketahui seluruh pegawai dan permasalahan yang ditemui dapat diatasi sehingga target-target kegiatan yang telah ditetapkan dapat tercapai. (ps)