JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

MUARO JAMBI - Peneliti BPTP Jambi Jon Hendri, S.P., M.Si. menjadi narasumber dalam kegiatan Pelatihan Penggunaan PUTS Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Jambi, pada Kamis, 27 Mei 2021 bertempat di IP2TP Sungai Tiga. Kegiatan Pelatihan penggunaan PUTS diadakan sebagai persiapan sekolah lapang yang akan dilaksanakan oleh DTPHP Provinsi Jambi di Kabupaten Bungo.

Kegiatan pelatihan dibuka langsung oleh narasumber, Jon Hendri, S.P., M.Si dan dihadiri oleh 15 Peserta yang merupakan tenaga penyuluh pertanian dari DTPHP Provinsi Jambi. Kegiatan dimulai dengan memberikan penjelasan cara pengambilan sampel tanah sawah yang benar kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktik cara penggunaan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS).

Praktik penggunaan PUTS dilakukan untuk menguji 20 sampel tanah sawah yang berasal dari kabupaten Merangin dan Bungo. Kemudian peserta kegiatan dibagi menjadi 4 kelompok dan setiap kelompok diberikan seperangkat PUTS dan 5 jenis sampel tanah sawah yang berbeda. Setiap kelompok dapat mempraktikkan 5 parameter uji sampel yaitu uji kandungan pH, N, P dan K. dengan diketahuinya tingkat ketersediaan hara pada tanah sampel maka dapat dibuatkan rekomendasi pemupukan di sawah nantinya.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan, diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan ini, ilmu yang telah disampaikan bermanfaat dan dapat diaplikasikan. (ls)