JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

KOTA JAMBI - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Muaro Jambi melakukan sinkronisasi/sinergitas terkait tugas Dinas TPH Kab. Muaro Jambi sebagai narasumber dalam mengisi acara SINTANI (Saung Insan Pertanian) yang akan berlangsung pada tanggal 8 Juni 2021. SINTANI merupakan wadah/media informasi secara online/virtual dalam menyampaikan informasi teknologi pertanian di Provinsi Jambi yang dilaksanakan oleh Balai Pelatihan Pertanian bekerja sama dengan Dinas TPHP Provinsi Jambi.

Kordinasi dan sinkronisasi ke BPTP Jambi pada Senin (24/5) diwakili oleh Kasi Ketenagaan Dinas TPH Yuni, S.P. serta Koordinator BPP Sungai Gelam Kusnun, S.PKP. yang juga dihadiri oleh peneliti, penyuluh BPP dan BPTP Jambi. Tema yang disampaikan dari Dinas dalam mengisi acara SINTANI yaitu Nilai Tambah Agribisnis Tanaman Nanas di Lahan Gambut yang nantinya berpengaruh kepada: 1) Potensi penjualan; 2) Pengolahan hasil/produk; 3) Agrowisata; 4) Lingkungan; dan 5) Nilai tambah mutu buah nanas yang akan diekspor ke luar daerah.

Kepala BPTP Jambi menyambut baik usulan tema dari Dinas TPH, karena sejalan dengan kegiatan BPTP Jambi yang dilaksanakan tahun 2021 di Kab. Muaro Jambi yaitu Hilirisasi Inovasi Produk Nanas Tangkit yang terkait erat dengan peningkatan nilai tambah buah nanas. Dinas TPH Kab. Muaro Jambi mengharapkan dukungan BPTP Jambi dalam melancarkan kegiatan SINTANI. Kepala Balai menyampaikan, bahwa BPTP Jambi akan mendukung materi terkait nanas yang tersedia di BPTP Jambi sesuai dengan hasil kajian yang sudah dilaksanakan secara kontinu sampai saat ini yang pada tahun 2021 digawangi oleh peneliti Desy Nofriati, S.P., M.Si. dan Ir. Linda Yanti, M.Si.  Sedangkan dukungan visualisasi untuk kegiatan SINTANI akan dimotori oleh Kiki Suheiti, S.TP., M.Eng dan tim.

Diperlukan koordinasi dan kerja sama tim 2 s.d. 3 kali pertemuan untuk merancang dan mempersiapkan materi dengan Dinas TPHP Provinsi Jambi, Dinas TPH Kab. Muaro Jambi serta BPTP Jambi.  Pelaksanaan koordinasi direncanakan akan dilangsungkan di lapangan, di Desa Tangkit Kec. Sungai Gelam Kab. Muaro Jambi untuk memastikan kesiapan di lapangan terkait tempat/lokasi penyampaian materi karena harus terjamin kelancaran jaringan internet, dll. 

Mengakhiri pertemuan, Kepala Balai menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi dari Dinas TPH Kab. Muaro Jambi yang bersinergi dan melibatkan BPTP Jambi dalam pelaksanaan kegiatannya. (MSR, JAH)