JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

KERINCI - Bertempat di Desa Ensatu Kecamatan Kayu Aro Barat dilaksanakan acara penyerahan 10 sertifikat tanda daftar varietas lokal Kerinci dari Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) Prof. (R) Dr. Ir. Erizal Jamal, M.Si kepada Bupati Kerinci Dr. H. Adirozal, M.Si.

Penyerahan sertifikat ini merupakan bagian dari rangkaian acara kunjungan kerja Gubernur Jambi beserta 16 OPD pendamping ke Kabupaten Kerinci pada Jumat (06/09/2019).

Acara dihadiri oleh lebih dari 200 orang peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat Desa Ensatu, kelompok tani dan penyuluh dari Kecamatan Kayu Aro, Kayu Aro Barat dan Gunung Tujuh, petugas BPSPT di Kabupaten Kerinci, Kepala BBIK Kayu Aro beserta staf, peneliti dan Kepala BPTP Jambi, Kepala Dinas TPH Kabupaten Kerinci beserta staf, Kepala Dinas Perkebunan beserta staf, anggota DPRD Kabupaten Kerinci dan OPD terkait lainnya di Kabupaten Kerinci.

Dalam sambutannya Kapus PVTPP menyampaikan dengan adanya Tanda Daftar ini pemerintah mengakui bahwa varietas tersebut milik pemerintah dan masyarakat Kerinci.

Sepuluh varietas yang telah didaftarkan tersebut adalah 1) Kentang Kubik Adro, 2) Cabai Ahang Adro, 3) Bawang Putih Jangkiriah Adro, 4) Cabai Loker Telun Berasap, 5) Padi Payo Dukung, 6) Padi Payo Bunga Melur, 7) Ubi Jalar Silo, 8) Padi Surian Merah, 9) Bawang Merah Baki Adro, 10) Kayu Manis Koerinji.

Empat dari 10 varietas yang telah didaftarkan tersebut saat ini sedang dilakukan uji adaptasi dalam rangka pendaftaran varietas untuk peredaran benih.

Prof. (R) Erizal Jamal menyatakan bahwa bawang putih Kerinci memiliki umbi yang besar sama dengan bawang putih impor dari Cina dan berharap bawang putih di Kerinci dapat mengatasi kekurangan benih secara nasional, serta siap bekerja sama dengan pemerintah Kerinci.

Pendaftaran ini terlaksana berkat kerja sama Pusat PVTPP, BPTP Jambi, UPTD BPSPT Provinsi Jambi, Dinas TPH Kabupaten Kerinci dan PPL di Kabupaten Kerinci.

Bupati Kerinci dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kerja sama BPTP Jambi dalam pendaftaran varietas tersebut.

“Upaya ini dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani,” kata Gubernur Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum dalam arahannya.

Sebelum penyerahan sertifikat tanda daftar, Gubernur Jambi didampingi Bupati Kerinci dan OPD terkait melakukan tanam perdana kentang Kegiatan Program Peningkatan Produksi Pertanian APBD 2019 di lokasi yang sama.

Berkah Allah menyertai kegiatan ini, dengan turunnya hujan yang membasahi Desa Ensatu yang telah tiga bulan kering, Bumi Sakti alam Kerinci, ladang emas pertanian Indonesia.