JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

KERINCI - Tim Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) yang terdiri dari Kepala Bidang Perlindungan Varietas Tanaman Ir. Ewin Suib, M.M., Kepala Bidang Perizinan Pertanian Abd. Rauf Ginting, S.H. dan seorang staf bidang pendaftaran varietas secara online didampingi oleh Kabid. Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Kerinci Rikke Evriyantos, S.P., M.Si. dan Kepala BPTP Jambi Dr. Rustam, S.P., M.Si. serta Penanggung Jawab Kegiatan Sumber Daya Genetik melaksanakan kunjungan lapang ke Kabupaten Kerinci pada Kamis (05/09/2019).

Kunjungan lapang dilaksanakan dalam rangka pendaftaran varietas untuk peredaran benih Bawang Putih Jangkiriah Adro, Bawang Merah Baki Adro dan Cabai Loker Telun Berasap. 

Lokasi kunjungan ke Desa Ensatu Kecamatan Kayu Aro Barat untuk melihat pertanaman cabai loker yang memiliki keunggulan tahan terhadap antraknose, mampu beradaptasi di musim hujan dan kering, tinggi mencapai 182 cm, daya simpan 21 hari setelah panen dan produksi 16,8 – 32 ton.

Penanaman Bawang Putih Jangkiriah Adro yang dikunjungi terletak di Desa Giri Mulyo Kecamatan Kayu Aro Barat.

Bawang Putih Jangkiriah Adro memiliki keunggulan ukuran umbi dan siung cukup besar dengan diameter rata-rata 4,5-5,3 cm, jumlah siung 9 -13 buah, umur 120-140 hari, tumbuh baik pada ketinggian ≥ 1.100 m dpl dan produksi 8-10 ton/ha.

Kunjungan dilanjutkan ke lokasi uji adaptasi Bawang Merah Baki Adro di Desa Sangir Kecamatan Kayu Aro Barat.

Varietas pembanding yang digunakan adalah Maja Cipanas, Batu Ijo, SS Sakato dan Thailand Kerinci.

Bawang Merah Baki Adro memiliki diameter 3,5 – 6,5 cm, dengan warna umbi merah agak pucat, berat perumbi 17,68 – 49,86 dengan jumlah umbi perumpun 8-10 siung.

Tanaman berbentuk perdu ini memiliki tinggi 73 – 78 cm dan umur panen berkisar 75 – 90 hari.