JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

KERINCI - Temu aplikasi teknologi merupakan salah satu bentuk diseminasi inovasi teknologi kepada penyuluh di lapangan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2019 di Kecamatan Gunung Tujuh dan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci oleh UPTD Penyuluhan Provinsi Jambi.

Salah satu materi yang disampaikan adalah Budidaya Bawang Merah Dataran Rendah dan Dataran  Tinggi oleh peneliti dari BPTP Jambi Dr. Desi Hernita.

Temu aplikasi diikuti oleh tiga puluh orang peserta yang terdiri dari penyuluh dari 11 kabupaten/kota serta penyuluh dari Provinsi Jambi.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala UPTD Penyuluhan Provinsi Jambi Ir. A. Eferianda Utama M.S. beserta staf dan Kabid. Penyuluhan Kabupaten Merangin Ir. M.Jalalus, Kabid. Penyuluhan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Nafri Yetman, S.P., Kasi Penyuluhan UPTD Penyuluhan Provinsi Jambi Ika Kurniasih, S.Pt.

Materi disampaikan dalam bentuk teori, diskusi dan praktik di lapang.

Peserta antusias ingin mendalami tentang budidaya bawang merah.

Hal ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan saat diskusi dan praktik di lapang.

Mulai dari kriteria benih yang siap tanam, cara penanaman benih, dormansi bawang merah, fungsi pemotongan 1/3 umbi pada saat tanam, cara persemaian bawang merah asal biji (TSS), fungsi penyiraman bawang merah di pagi hari, pengendalian hama dan penyakit utama bawang merah, pemupukan bawang merah, syarat tumbuh bawang merah di dataran rendah dan tinggi, waktu dan kriteria panen di dataran rendah dan tinggi, serta cara panen dan penyimpanan benih.

Praktik lapang dilaksanakan di lahan pertanaman bawang merah H. Hermawis di Desa Sangir Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci.

Demplot yang dikunjungi adalah demplot Uji Adaptasi beberapa varietas bawang merah kerjasama BPTP Jambi dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci.

Pengujian ini bertujuan untuk pendaftaran varietas dalam rangka peredaran benih bawang merah Baki Adro yang telah didaftarkan pada tahun 2018.

Empat varietas pembanding yang digunakan adalah varietas Batu Ijo, Maja Cipanas, SS Sakato dan Thailand Kerinci.

Peserta juga mendapatkan pengalaman budidaya bawang merah dataran tinggi dari petani dan penangkar H. Hermawis yang telah puluhan tahun menanam bawang merah.

Peserta mengikuti dengan seksama cara menanam bawang merah, pupuk dan obat-obatan serta aplikasinya pada pertanaman bawang merah.

Semoga produksi bawang merah di dataran rendah dan tinggi dapat meningkat dan Jambi bisa swasembada bahkan ekspor bawang merah.