JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

BUNGO - Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi bersama Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHBun) Kabupaten Bungo melakukan Panen Perdana Padi Inpara 3 Denfarm Upsus BPTP Jambi yang dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan Temu Teknis Inovasi Pengelolaan Lahan dan Air Budidaya Padi Sawah Mendukung Upsus Swasembada Pajale di Kabupaten Bungo pada Rabu (28/08/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Benih Utama (BBU) Padi Batang Uleh, Kecamatan Tanah Tumbuh, Kabupaten Bungo yang juga dihadiri Camat Tanah Tumbuh, Kapolsek, Danramil dan Kepala Desa Batang Uleh.

Dalam acara ini juga didemonstrasikan pelaksanaan panen dengan menggunakan alat panen padi Combine Harvester.

Dari ubinan yang telah dilakukan diperoleh perkiraan hasil panen sekitar 6,1 ton/ Ha.

Usai panen perdana, kegiatan langsung dilanjutkan dengan Temu Teknis Inovasi Pengelolaan Lahan dan Air Budidaya Padi Sawah Mendukung Upsus Swasembada Pajale di Kabupaten Bungo yang diikuti oleh 50 orang peserta, terdiri dari dinas teknis, penyuluh lapangan, penyuluh swadaya, pengurus Gapoktan/Poktan, penangkar dan petani setempat.

Dalam sambutannya Kepala BPTP Jambi Dr. Rustam menjelaskan bahwa di BBU Batang Uleh ini telah dilaksanakan denfarm dari kegiatan BPTP Jambi seluas 2 ha dan 4 ha dari kegiatan DTHBun Kabupaten Bungo.

“Inovasi yang kita perkenalkan di sini adalah inovasi pengelolaan lahan dan air dalam budidaya tanaman padi menggunakan varietas Inpara 3” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa Inpara atau Inbrida Padi Rawa 3 meskipun merupakan padi rawa tetapi masih bisa ditanam di lahan bukan rawa atau lahan irigasi.

Kepala BPTP Jambi mengharapkan agar inovasi-inovasi yang telah dilakukan di BBU Padi Batang Uleh ini bisa ditinjau dan dipelajari oleh petani maupun penyuluh di daerah lainnya yang berkesempatan hadir pada acara ini.

Acara temu teknis dibuka secara resmi oleh Kepala DTPHBun Kabupaten Bungo Muhammad Hasbi, S.P., M.Si yang memberikan apresiasi kepada BPTP Jambi atas terselenggaranya acara ini dan mengharapkan agar kegiatan-kegiatan kerja sama seperti ini dapat terus dilaksanakan.

Ada 3 materi yang disampaikan pada temu teknis ini yaitu: Permentan No. 12 Tahun 2018 tentang Produksi, Sertifikasi dan Peredaran Benih Tanaman (Kepala DTHBun Kabupaten Bungo), Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi Provinsi Jambi (Kepala BPTP Jambi) dan Pengelolaan Lahan dan Air Budidaya Padi Sawah (Peneliti BPTP Jambi).

Kegiatan ini diikuti peserta dengan antusias, pada sesi diskusi banyak pertanyaan maupun masukan yang disampaikan oleh peserta baik itu mengenai inovasi teknologi pertanian yang telah disampaikan maupun permasalahan-permasalahan ditemui di lapangan.

Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini, peserta mampu menerapkan dan mendiseminasikan inovasi teknologi pengelolaan lahan dan air budidaya padi sawah dan VUB Padi Inpara 3 di wilayah masing masing sehingga dapat meningkatkan produktivitas padi yang berdampak pada kesejahteraan petani dan keberhasilan swasembada Pajale di Kabupaten Bungo.