JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

TANJUNG JABUNG BARAT - Betara yang selama ini lebih terkenal dengan Kopi Libtukom dan Pinang Betara ternyata memiliki satu komoditas yang menarik untuk di petik.

Jeruk Siam Banjar dan Keprok Borneo tumbuh subur dan berproduksi dengan baik di lahan gambut.

BPTP Jambi bersama dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Tanjung Jabung Barat melaksanakan kegiatan pendampingan dalam bentuk temu lapang selama 2 hari, 27-28 Agustus 2019 di kawasan jeruk Desa Bunga Tanjung seluas 20 ha dan di Desa Makmur Jaya dengan luas 15 ha.

Temu lapang dihadiri oleh 50 orang petani jeruk yang tergabung dalam Kelompok Tani Mekar Hijau Rimbun dan Surya Gemilang, Kepala Desa dan Ketua BPD Desa Makmur Jaya, PPL, Koordinator BPP Kecamatan Betara (Helvi, S.P), Petugas BPSPT untuk Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Maslian, S.P), Kasi. Perbenihan Hortikultura (Nurhasanah S.TP) dan Kabid Hortikultura (H. Harun Sahar, S.P) serta peneliti BPTP Jambi.

Materi utama disampaikan oleh peneliti dari Balitjestro Ir. Otto Endarto, M.Si tentang budidaya kebun jeruk sehat khususnya teknologi perbenihan jeruk mutu premium untuk mengembalikan kejayaan agribisnis jeruk dan pengelolaan terpadu kebun jeruk sehat.

Acara dilaksanakan dalam bentuk praktik di lapang dan diskusi tentang permasalahan yang ada di lapang, khususnya pemangkasan ranting kering, bekas tangkai buah, dan tunas air, penjarangan buah menjadi 2-3 buah, Pikung (Pijat dan Lengkung), Bujang Seta (Buah Berjenjang Sepanjang Tahun), pengapuran, pemupukan dan pengendalian hama serta penyakit.

Semua kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas buah.

Diharapkan petani dapat merubah pola menjual buah dalam bentuk jeruk peras menjadi jeruk matang yang bisa dipetik langsung dan dikonsumsi dalam bentuk segar sehingga agrowisata petik jeruk dapat terwujud, yang tentu saja perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah.

DTPH Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Bidang Hortikultura mendukung penuh agrowisata ini.