JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

KERINCI - Dalam rangka pendaftaran varietas lokal dan pendaftaran varietas dalam rangka peredaran benih tanaman hortikultura, Tim Pengkajian Teknologi Pengembangan Sumberdaya Genetik (SDG) Lokal BPTP Jambi melaksanakan koordinasi dengan Kabid. Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Kerinci pada Selasa (06/08/2019).

Pada koordinasi ini dibahas beberapa hal diantaranya penamaan beberapa varietas lokal Kerinci yang akan didaftarkan ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) yaitu Padi Sebekeh, Alpukat Dataran Tinggi Kerinci, Labu Menggai, Pisang Kumpai, Pisang Toman, Pisang Raja dan Durian Tembilang.

Kemudian dibahas rencana penandatanganan naskah kesepakatan kerja sama pelepasan varietas tanaman hortikultura dan penyiapan dokumen pendaftaran varietas dalam rangka peredaran benih tanaman hortikultura (SK Uji Keunggulan Varietas dan Surat Permohonan Pelaksanaan Kegiatan Uji Adaptasi Varietas Hortikultura ke Ketua Tim Pendaftaran Varietas untuk Peredaran Benih Varietas Tanaman Hortikultura).

Selanjutnya dilakukan penanaman bawang putih Jangkiriah Adro di Desa En Satu, Kecamatan Kayu Aro Barat dan Bawang Merah Baki Adro di Desa Sangir Tengah, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci dalam rangka uji adaptasi bersama Kabid. Hortikultura DTPH Rikke Evriyantos, S.P., M.Si., Kasi. Hortikultura Afrizal, S.PKP., Petugas BPSPT Kecamatan Kayu Aro, PPL Kayu Aro, Peneliti BPTP Jambi serta petani bawang putih dan bawang merah.

BPTP Jambi juga melakukan monitoring persemaian Cabai Loker Telun Berasap, Plintir Bengkulu, Kopay, Rotan Bukit Tinggi dan Ahang Adro untuk uji adaptasi dalam rangka pendaftaran varietas Loker Kerinci untuk peredaran benih.