JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

MUARO JAMBI - Dalam rangka pembimbingan mahasiswa magang bidang hama penyakit tanaman Universitas Andalas (UNAND), Kamis, 10 Januari 2019, Kepala BPTP Jambi Dr. Rustam, SP., M.Si bersama peneliti BPTP Jambi dan mahasiswa magang UNAND mengunjungi salah satu sentra tanaman duku dan pisang di  Desa Kota Karang dan Lopak Alai, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) wilayah ini, Nasril, S.P., M.P. menyatakan bahwa penyakit kanker batang duku mulai menyebar di Kecamatan Kumpeh Ulu. Tanaman duku yang terserang penyakit kanker batang duku sampai saat ini berjumlah 520 batang atau 1 persen dari 52.032 batang duku di Kecamatan Kumpeh Ulu.  Dengan kriteria serangan: ringan 20 batang, sedang 470 batang, dan berat 30 batang.

Gejala awal dari penyakit ini dapat dilihat dari kulit batang yang retak/pecah-pecah kemudian mengering dan kulit batang mengelupas, sehingga sebagian daun menguning, mengering dan rontok. Penyakit ini muncul pada kebun yang sanitasinya kurang baik dan kondisi lingkungan lembab.

Sejauh ini pengendalian yang telah dilakukan dengan mengoleskan bubur bordeaux pada batang tanaman yang terserang dan dengan menggunakan paku berukuran 5 (lima) inchi sebanyak 2 (dua) buah/pohon. Paku dimasukkan ke dalam batang dengan bor, kemudian lubang bekas bor ditutup dengan tanah. Upaya ini hanya bisa mengatasi tanaman pada tingkat serangan rendah, pada serangan sedang, tanaman hanya dapat bertahan 5-6 tahun, sedangkan pada serangan berat hanya bisa bertahan 1 tahun dan akhirnya mati. 

Mahasiswa magang juga mempelajari penyakit layu fusarium dan layu bakteri, pada tanaman pisang. Gejala penyakit layu fusarium pada tanaman pisang ditandai dengan seluruh daun layu tanpa menyisakan daun yang sehat, buah hampa, terdapat bercak hitam pada penampang melintang batang tetapi empulur tengahnya tetap berwarna putih. Sedangkan pisang yang terserang penyakit layu bakteri memperlihatkan gejala masih terdapat satu daun bendera dan buah bagian dalam berwarna kuning emas, serta tepi daging buah terdapat lender.

Diharapkan mahasiswa magang bisa menggali banyak informasi dan ilmu terapan di lapangan selama magang di BPTP Jambi khususnya sesuai dengan topik penelitian masing-masing.