JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

TANJUNG JABUNG TIMUR - Penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) Taman Teknologi Pertanian (TTP) Geragai dari Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian diwakili oleh Ropik, S.IP., M.Si. (Kepala Bagian Tata Usaha BBP2TP) kepada Pemda Tanjung Jabung Timur yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Timur (Sapril, S.IP) dilaksanakan di TTP Geragai, Kab. Tanjung Jabung Timur, pada Kamis (20/12/2018).

TTP Geragai merupakan salah satu dari 100 techno park yang ada di Indonesia, sesuai nawacita presiden RI, Joko Widodo. Misi TTP Geragai dengan dasar Integrasi Sapi Sawit sebagai penggerak ekonomi masyarakat pada lahan suboptimal. Hal ini disampaikan oleh inisiator TTP Geragai dari BPTP Jambi, Ir. Endrizal, M.Sc.

Ropik, S.IP., M.Si. yang mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian menyampaikan bahwa setelah ini TTP diharapkan menjadi pusat bimbingan dan pelatihan sehingga dapat menghasilkan pengusaha-pengusaha muda terutama di bidang agroteknologi.

Bupati Tanjung Jabung Timur yang diwakili Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Timur (Sapril, S.IP) menyampaikan dukungan dan apresiasi terhadap TTP Geragai. Keberadaan TTP dapat mendukung rencana pembangunan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Geragai, sebagai salah satu kawasan dengan konsep agroeduwisata.

Acara dilanjutkan dengan Fokus Group Discuss (FGD) dengan tema “Rancangan Kelembagaan Menuju TTP Geragai Mandiri”. FGD dihadiri oleh Bupati Tanjung Jabung Timur yang diwakili oleh OPD lingkup Provinsi Jambi, OPD lingkup Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kepala Badan Litbang Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Ropik, S.IP., M.Si. dan Ketua Tim Pengembangan dan Pendampingan TSTP (Dr. Ir. Trip Alihamsyah, M.Sc.), kepala BPTP Jambi dan jajarannya, serta petani dan penyuluh lingkup TTP geragai.

Dr. Ir. Trip Alihamsyah, M.Sc. menyampaikan 3 peran TTP yaitu sebagai unit layanan teknis, unit pengembangan teknologi dan unit inkubasi bisnis.

Dalam FGD ini dibahas pula bahwa dibutuhkan unit khusus dari pemerintah daerah yang khusus menangani pengelolaannya, sebelum TTP menjadi lembaga mandiri yaitu BLUD maupun BUMD.

Lebih lanjut disampaikan oleh Penanggung Jawab Lapangan TTP Geragai, Dr. Zubir, S.Pt., M.P. bahwa pengelolaan TTP Geragai perlu kerjasama dari berbagai pihak terutama di lingkup OPD kabupaten Tanjung Jabung timur.

(Suci Primilestari, S.P., M.Si)