JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kota Jambi – Dalam rangka penyebaran informasi 600 teknologi inovatif pertanian dan literasi informasi pertanian, Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi Informasi Pertanian di Aula Agroinovasi BPTP Balitbangtan Jambi pada Kamis (06/12).

Peserta Bimtek berjumlah 50 orang yang terdiri dari penyuluh pertanian dan peternakan Provinsi Jambi, penyuluh pertanian Kota Jambi serta peneliti dan penyuluh BPTP Balitbangtan Jambi.

Dalam sambutannya Kepala PUSTAKA yang diwakili Kepala Sub Bidang Pelayanan Perpustakaan PUSTAKA Ira Dwi Rachmani, S.TP., M.Si menyampaikan tujuan kegiatan ini dalam rangka mengemban amanah yang disampaikan oleh Menteri Pertanian agar PUSTAKA khususnya bersama penyuluh pertanian mendiseminasikan 600 teknologi inovatif pertanian yang telah dihasilkan oleh Badan Litbang kepada para pelaku usaha, petani, kelompok tani untuk dapat diterapkan dan dimanfaatkan sebesar-besarnya dalam rangka pembangunan pertanian di Indonesia.

“Jadi segala hasil invensi yang telah dihasilkan oleh Badan Litbang tidak hanya disimpan, tetapi didiseminasikan, disebarluaskan kepada penyuluh yang selalu bersentuhan dengan petani agar dapat dimanfaatkan dalam menghasilkan produksi dan produktivitas yang lebih baik lagi” ungkapnya.

Kegiatan serupa juga telah dilaksanakan di Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi pada Rabu (05/12) yang diikuti sekitar 120 orang penyuluh pertanian yang sedang melaksanakan Diklat.

Lebih lanjut beliau menyampaikan jika kunjungan PUSTAKA ke Provinsi Jambi juga dalam rangka bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan, karena merupakan tugas utama PUSTAKA untuk melakukan pembinaan perpustakaan di UK dan UPT Kementerian Pertanian se-Indonesia. Untuk itu PUSTAKA sudah mengamati dan mengidentifikasi perpustakaan-perpustakaan yang ada di Provinsi Jambi antara lain BPTP dan BPP Jambi.

Kepala BPTP Balitbangtan Jambi yang diwakili Dr. Lutfi Izhar dalam sambutannya saat membuka acara mengharapkan agar melalui kegiatan ini peserta dapat lebih lagi banyak belajar tentang literasi khususnya informasi pertanian. Beliau berpesan agar momen ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin mengingat kegiatan ini tidak dilaksanakan di semua Provinsi.

Agenda Bimtek yang disampaikan oleh PUSTAKA diantaranya Profil PUSTAKA, Sosialisasi 600 Teknologi Inovatif Pertanian, Literasi Informasi Pertanian, iTani dan sumber-sumber informasi lainnya.