JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Bogor - Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Analis dan Calon Analis diselenggarakan di Laboratorium Balai Penelitian Tanah, Jl. Tentara Pelajar No. 12, Kampus Penelitian Pertanian, Cimanggu, Bogor.

Kegiatan bimtek ini dilaksanakan pada tanggal 25 November sampai 4 Desember 2018, diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari analis dan calon analis dari 15 BPTP dan Balit-Balit di lingkup Balitbangtan, Kementan.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Balitbangtan (Dr. Muhammad Prama Yufdy) didampingi oleh Kepala BBSDLP (Prof. Dr. Dedi Nursyamsi), Kepala Balittanah (Dr. Husnain), Kepala Balitklimat (Dr. Harmanto), Manajer SMARTD (Dr. M. Sabran), Kasi Jaslit Balittanah (Dr. Asmarhansyah) dan Kasubbag TU Balittanah (Dra. Atin Kentjanasari).

Dalam sambutannya, Kepala BBSDLP, Prof. Dr. Dedi Nursyamsi menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya Bimtek ini adalah untuk meningkatkan metodologi, peralatan instrumen melalui pembentukan kualitas SDM Analis laboratorium tanah di lingkup Balitbangtan. Seorang analis laboratoarium harus bekerja sesuai SOP (Standard Of Procedures) / IK (Instruksi Kerja) di laboratorium dengan sistem manajemen mutu yang diatur dalam ISO 17025:2017.

Untuk menunjang hal tersebut manajer SMARTD, Dr. Sabran juga menyatakan bahwa SMARTD menyediakan anggaran maintenance laboratorium tanah dan pengadaan peralatan instrumen yang baru untuk tahun ini.

Selanjutnya, sekretaris Balitbangtan, Dr. Muhammad Prama Yufdy dalam sambutannya berpesan kepada analis laboratorium untuk mengkritisi metodologi agar menjadi lebih baik, berhati-hati dengan pemalsuan data analisis, menyimpan hasil data/mengarsipkan data dan tak kalah penting untuk menjalin komunikasi dengan atasan dan diantara sesama analis laboratorium tanah di lingkup Balitbangtan sehingga dapat terjalin kerjasama yang baik. Setelah lebih kurang 10 hari Bimtek, kegiatan ini resmi ditutup oleh Kepala Balittanah yang diwakili oleh Bapak Ibrahim. Beliau berharap agar peserta Bimtek ada peningkatan dari sebelum mengikuti kegiatan ini terutama pada penguasaan materi dan praktikum serta dapat mengaplikasikannya di laboratorium masing-masing.

Pak Ibrahim mengirimkan salam kepada kepala BPTP-BPTP dan Balit-Balit yang telah berpartisipasi mengirimkan utusannya untuk mengikuti Bimtek ini. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan tiap tahunnya dengan target sasarannya ialah calon analis labolatorium.