JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Dalam rangka meningkatkan kompetensi pustakawan lingkup Kementerian Pertanian, Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) Bogor menyelenggarakan Knowledge Sharing Kepustakawanan Lingkup Kementerian Pertanian yang dilaksanakan pada hari Selasa, 27 November 2017 di Aula PUSTAKA lantai 7.

Dalam sambutannya Kepala Pustaka, Leli Nuryati mengatakan pesatnya perkembangan teknologi mengantarkan dunia memasuki era Revolusi 4.0. Era ini sudah tidak dapat dibendung lagi, era ini akan mengubah semua pola dalam kehidupan. Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) memiliki peran penting dalam mengantarkan para pustakawan menjadi Aparatur Sipil Negara yang profesional dan mampu menghadapi tantangan sehingga siap berada di Era Revolusi 4.0. Selain itu, PUSTAKA juga berperan penting dalam mendukung keberhasilan Indonesia menuju lumbung pangan dunia tahun 2045.

“Melalui penyediaan dan diseminasi berbagai informasi Iptek pertanian serta pemanfaatannya secara intensif oleh pengguna sesuai kebutuhannya, PUSTAKA diharapkan berperan dalam keberhasilan Indonesia menuju Lumbung Pangan Dunia”, Ujar Leli. Bertempat di kantor PUSTAKA, acara knowledge sharing ini dihadiri oleh lebih dari 80 peserta yang terdiri dari pustakawan dan pengelola perpustakaan lingkup Kementerian Pertanian.

Dalam acara tersebut disampaikan juga makalah sebagai berikut :

  1. Membangun Integritas SDM Pustakawan di Era Revolusi 4.0
  2. Peran Pustakawan dan Penyuluh Pertanian dalam Penyebaran Informasi kepada Masyarakat Pertanian.
  3. Manajemen ASN Pustakawan Kementerian Pertanian
  4. Makna dan Implementasi Pustakawan Bergerak

"Penyediaan informasi Iptek pertanian dengan sistem yang berbasis digital harus memanfaatkan teknologi big data. Perubahan baru dalam penyebaran informasi dan diseminasi yang berspektrum luas serta mudah diakses oleh pengguna secara online artinya informasi itu mudah didapat tidak berbelit-belit jikalau ingin diunduh. Serta penguatan sistem jejaring kolaborasi antar pelaku diseminasi dan kerjasama antar lembaga di tingkat nasional maupun internasional (networks system) dalam pengelolaan sumberdaya dan publikasi informasi melalui pengintegrasian pendekatan online dan off line" ujar Leli.

Dalam acara ini Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Jambi mengirimkan satu orang pustakawan yakni Romanti Sitanggang.