JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Konsultasi penyerahan aset TTP dilaksanakan oleh Dr. Zubir (Pengelola TTP BPTP Jambi) ke Badan Litbang Pertanian pada tanggal 27-28 November 2018 dengan Kasubag Umum Drs. Edy Sugiyanto dan Kaur Perlengkapan Bekti Subagja APi., M.Si. Konsultasi juga dilakukan dengan Ketua Pelaksana Tim Monev TTP Dr. Ir. Trip Alihamsyah, M.Sc.

Penyerahan TTP terdiri dari penyerahan aset dan penyerahan pengelolaan TTP. Penyerahan aset terdiri dari penyerahan belanja 526 dan penyerahan hibah sapi aset tetap. Masing-masing kelompok barang yang akan diserahkan memiliki karakteristik administrasi yang berbeda.

Disarankan untuk tidak menggabungkan administrasi penyerahan aset 526 yang 3 tahun menjadi satu, karema setiap tahun ada tahapan surat-menyurat yang harus dilengkapi dengan tanggal yang sekuen. Penyerahan aset tetap harus dimulai dengan usulan ke Sekjen Kementan dengan dilampiri surat permintaan dari Pemda. Surat harus ditujukan secara berjenjang, namun dapat ditembuskan ke eselon yang lebih tinggi untuk mempercepat proses administrasi.

Penyerahan TTP harus disertai dengan anggaran pengawalan, baik dari BPTP maupun Pemda, hal ini ditekankan karena menjadi temuan BPK bahwa banyak yang tidak berkomitmen.

Saran dari Ketua Tim Monev agar sebelum penyerahan TTP, sudah ada struktur yang jelas, business plan yang jelas dan pembukuan bisnis yang jelas. Partisipasi masyarakat secara swadaya akan lebih mempermudah TTP untuk mandiri. Penyerahan TTP Geragai ke Pemda Tanjung Jabung Timur rencananya akan dilaksanakan pada Desember 2018 ini.