JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

BANJARBARU - Menjadi kewajiban bagi pengkaji untuk membuat setidaknya laporan perjalanan, laporan pengkajian yang apabila dikelola dapat menjadi laporan tertulis dan diterbitkan, asal memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Hal ini menjadi latar belakang terselenggaranya Workshop Analisa Data dan Penulisan KTI oleh Dewan Redaksi Jurnal Informatika Pertanian, Balitbangtan pada tanggal 07-10 November 2018 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Acara dibuka di Aula Balittra oleh Kepala Balittra Ir. Hendri Sosiawan, CESA bersamaan dengan sosialisasi Google Scholar, Scopus, Sinta, Himpenindo yang disampaikan Dr. Dani Setyawan, M.Si. dan Dr. Muhammad Sabran, M.Sc.

Diikuti oleh 15 peserta yang sebelumnya telah mengirim manuskrip serta sekitar 30 peneliti dari Balittra dan BPTP Kalsel turut menyimak apa yang disampaikan Prof. Dr. Elna Karmawati, M.S mengenai penilaian angka kredit peneliti dan kompetensi peneliti juga kiat-kiat penulisan KTI untuk jurnal internasional yang disampaikan Dr. Puji Lestari, M.S.

Acara hari kedua dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi mengenai teknis analisis data yang sering digunakan terutama yang tidak baku di bidang peternakan, tanaman, sosek dan pengkajian masing-masing disampaikan oleh Dr. Ir. L. Hardi Prasetya, M.Agr, Dr. Ir. Sutoro, M.S., Ir. Rachmat Hendayana, M.S.

Pembimbingan secara individual penulisan KTI dilakukan oleh tim Redaksi Jurnal Informatika Pertanian. Peneliti BPTP Jambi Ratna Rubiana, S.P., M.Si mendapat bimbingan dari Prof. Dr. Elna Karmawati, M.S. untuk manuskrip yang berjudul Kajian Keanekaragaman dan Struktur Komunitas Serangga pada Perkebunan Tebu Provinsi Jambi sekaligus mendapat masukan yang berarti terutama dalam analisis data untuk draft tulisannya di Jurnal Lahan Sub Optimal.

Sistem penelusuran, sitasi dan penulisan pustaka dengan Mendeley oleh Dr. Waryat, pengolahan data dengan SAS, Minitab, Open Journal System dan praktik pengiriman naskah dan proses editing menjadi mata acara pada hari terakhir.