JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

TANJUNG JABUNG TIMUR - Memasuki musim tanam padi pada Musim Tanam (MT) I di Musim Hujan (MH) 2018/2019, tepatnya Selasa, 6 November 2018 dilakukan penanaman perdana di lokasi kegiatan Diseminasi Paket Teknologi Jarwo Super di Lahan Rawa Pasang Surut.

Hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Tanjung Jabung Timur diwakili Kabid Pangan, Kepala BPTP Jambi diwakili oleh Kasie Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian (KSPP), Kapolsek Rantau Rasau diwakili oleh BKTM Babinkabtipmas Desa Karya Bakti, Danramil diwakili oleh Babinsa, Kepala UPTD Kec. Rantau Rasau, Kepala Desa Karya Bakti, PPL dan POPT di Kecamatan Rantau Rasau, ketua kelompok tani se-Kecamatan Rantau Rasau beserta anggota, Kelompok Wanita Tani (KWT), petani serta peneliti dan penyuluh BPTP Jambi.

Kegiatan diikuti oleh 80 orang peserta, dimulai dengan tanam bersama padi Inpara sistem tanam Jarwo 2 : 1 dengan jarak tanam 12,5 x 25 x 50 cm. Setelah tanam bersama dilanjutkan dengan praktik teknologi perbenihan sistem dapok oleh Ketua Kelompok Tani Karya Baru, Aminardi. Teknologi ini bisa menghemat penggunaan benih dan biaya tenaga kerja.

Dalam sambutannya, Kabid Pangan Ir. Mahmud mengucapkan terima kasih karena Kab. Tanjabtim ditunjuk sebagai lokasi kegiatan Teknologi Jarwo Super di Lahan Pasang Surut oleh BPTP Jambi dan berharap dengan inovasi teknologi tersebut provitas lebih tinggi dan bisa mencapai 7 ton. Hasil lebih baik dari tahun lalu yang dilaksanakan pada musim tanam MT II/MK  2017 periode April-September (ASEP). Tanam dengan teknologi ini yang dilaksanakan pada MT I/MH periode Oktober-Maret  (OKMAR) harus lebih optimal. Tanggul-tanggul yang jebol harap disempurnakan dengan alat excavator yang telah diberikan.

Mahmud juga berharap agar teman-teman  dari UPTD dan penyuluh membantu secara optimal pelaksanaan kegiatan ini. DTPH dan Pemkab Tanjabtim mendukung kegiatan ini. Petani juga diminta ikut Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Kemudian Petugas OPT diminta untuk membangkitkan motivasi petani untuk menanam padi dengan inovasi perbenihan sistem dapok seperti yang telah dipraktikkan di lapangan.

Kades Karya Bakti Ngatijo berterima kasih kepada DTPH dan BPTP yang telah melaksanakan kegiatan dan pendampingan serta mendukung petani di Desa Karya Bakti. Berharap selanjutnya petani dapat melakukan tanam pada MT I dan MT II.  Babinsa juga siap mendukung dan mensukseskan kegiatan ini.

Kegiatan yang telah dilaksanakan ini bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Lahan pasang surut di Jambi akan lebih dioptimalkan, program Kementan akan dapat meningkatkan produksi di seluruh Indonesia termasuk Provinsi Jambi. Jangan sampai produksi padi semakin menurun dari tahun-tahun sebelumnya dan jangan sampai diganti dengan kelapa sawit. Produksi diharapkan dapat mencapai 7,8 ton/ha seperti di Kalimantan Selatan. Demikian harapan Kasie KSPP Dr. Lutfi Izhar, SP., M.Sc.

Peneliti sekaligus Penanggung jawab Kegiatan Dr. Salwati SP, M.Si. pada kesempatan ini juga menerangkan tentang pemilihan lokasi demplot kegiatan, jalannya kegiatan, harapan dan kendala kegiatan serta upaya mengatasinya.

Tambahan informasi diberikan oleh pengamat hama tentang upaya mengatasi serangan hama keong mas. Prosedur mengatasi hama, permintaan bantuan pestisida ke dinas dan prosedurnya, serta pengendalian hama tikus secara alami.

Teknologi Jarwo Super di lahan rawa pasang surut dengan pengaturan tata air, pemakain pupuk hayati Biotara, penggunaan varietas unggul baru Inpara 3, penggunaan Alsintan dan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) secara terpadu dapat juga diterapkan oleh petani di luar lokasi demplot nantinya

Pada kesempatan ini juga dilakukan pengisian kuesioner tentang teknologi jarwo super di lahan rawa pasang surut dan kuesioner untuk mengoptimalkan kelembagaan kelompok tani.

Selanjutnya kegiatan akan dilanjutkan dengan pemupukan, pemeliharaan, pengamatan dan panen. Semoga semua kegiatan akan berlangsung dengan baik dan target tercapai dengan baik.