JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Merupakan program rutin tahunan BPTP Balitbangtan Jambi hadir secara live di TVRI Jambi dalam acara dialog khusus. Kamis, 1 November 2018, bertempat di Studio TVRI Jambi dialog khusus kali ini bertemakan “Kiprah BPTP Jambi dalam Pengembangan Perbenihan Hortikultura, Pangan dan Perkebunan di Provinsi Jambi”.

Menghadirkan Dr. Rustam, S.P., M.Si. selaku kepala BPTP Jambi menyampaikan urgensi pengembangan perbenihan menunjang pembangunan pertanian di Provinsi Jambi. Ir. Endrizal, M.Sc. menyampaikan Perkembangan Perbenihan Tebu di Kabupaten Kerinci, Dr.  Lutfi Izhar, S.P., M.Si. menyampaikan informasi perbenihan kentang dan urgensi diseminasi pertanian sebagai upaya menyebarluaskan hasil kegiatan BPTP Jambi  terkait penyediaan benih komoditas pertanian khususnya ke seluruh masyarakat Provinsi Jambi. Ir. Julistia Bobihoe menyampaikan secara rinci bagaimana sistem perbenihan khususnya padi dan kedelai dikelola oleh BPTP Jambi.

Dipandu oleh Doni Yusra sebagai host, acara dialog berjalan dinamis dan antusias dikarenakan informasi yang disampaikan sangat update dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Dialog khusus live memdapat perhatian yang baik dari masyarakat yang menyaksikan program ini, yang diketahui dengan besarnya animo masyarakat untuk berdiskusi interaktif via telepon,  namun karena keterbatasan waktu belum dapat direspon.

Lebih lanjut, Dr. Lutfi Izhar, S.P., M.Sc. dalam hal ini sebagai Kasie KSPP juga menyampaikan bahwa keberlanjutan kegiatan pengembangan perbenihan dipengaruhi pula oleh partisipasi stakeholder atau instansi terkait terutama dalam penentuan CPCL (lokasi) pengembangan yang tepat untuk komoditas yang akan dikembangkan. Peran serta petani lokal dalam mendukung kegiatan perbenihan merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dalam upaya pengembangan perbenihan.

Diakhir acara kepala BPTP Jambi menyampaikan bahwa BPTP Jambi sangat terbuka bagi seluruh stakeholder, petani dan masyarakat Jambi untuk dapat bersinergi dalam upaya pengembangan perbenihan di provinsi Jambi. BPTP Jambi akan siap mengawal dan mendampingi kegiatan perbenihan mulai dari pertanaman hingga pascapanen dan pengembangan kelembagaan. Akhirnya, diharapkan acara ini dapat menjadi sumber informasi utama terkait pengembangan perbenihan di Provinsi Jambi dan bermamfaat bagi seluruh masyarakat luas.