JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Peneliti BPTP Balitbangtan Jambi berkesempatan menjadi narasumber agribisnis tanaman nanas pada hari kedua kegiatan Pelatihan Agribisnis Tanaman Nanas untuk Petani dan Pelaku Agribisnis yang diselenggarakan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tanjung Jabung Timur di Aula Kantor Bersama Gedung Satu Atap, Muara Sabak, pada Kamis (01/11/2018).

Materi yang disampaikan terdiri dari Teknologi Budidaya Nanas oleh Dr. Desi Hernita, SP., M.P dan Teknologi Pasca Panen dan Pengolahan Hasil Nanas oleh Dewi Novalinda, SP.

Acara dihadiri oleh 30 orang peserta yang terdiri dari petani dan petugas penyuluh lapangan serta swadaya dari Kecamatan Mendahara, Dendang, Mendahara Ulu dan Geragai. Acara dipimpin oleh Peltu. Kabid Penyuluhan Suparmin, SP dan Kasi Produksi Hortikultura Sakdun, SP.

Program Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur mengembangkan tanaman nanas di Kecamatan Mendahara, Dendang dan Mendahara Ulu seluas 65 ha mulai tahun 2016-2018. Tahun 2019 akan dikembangkan di Kecamatan Geragai seluas 18 ha. Bibit nanas yang dikembangkan adalah Nanas Tangkit dari Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi.

Pelatihan ini merupakan modal bagi petani dan petugas untuk mengembangan dan memelihara nanas yang saat ini sudah mulai berproduksi. Hasil diskusi diketahui bahwa cara pengendalian penyakit layu dan waktu panen yang tepat merupakan masalah utama yang baru dipahami oleh peserta.