JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Tanaman jeruk di Desa Bunga Tanjung Kecamatan Betara mendapatkan kunjungan dari Kepala BPTP Jambi beserta staf peneliti dan peneliti dari Balitjestro Malang, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Tanjung Jabung Barat pada hari Rabu 31 oktober 2018.

Dari hasil kunjungan lapang dapat terlihat bahwa produksi jeruk masih belum maksimal yaitu buah jeruk pada pertanaman banyak yang bergerombol dalam satu ranting buah (lebih dari 2 buah/dahan). Untuk itu perlu dilakukan pembuangan buah yang berlebih dalam satu ranting buah tersebut sehingga dalam satu ranting buah cukup 2 saja buahnya agar nutrisi dan hara yang diperoleh oleh buah dapat optimal dan menghasilkan buah yang besar. Selain itu juga ditemui adanya batang atau tunas air yang dibiarkan tumbuh besar dan sampai berbuah. Untuk itu perlu dilakukan pemotongan semua tunas air yang tumbuh sebelum tunas menjadi besar dan mengganggu pertumbuhan tanaman jeruk tersebut.

Permasalahan yang juga ditemui di lapangan yaitu akar tanaman jeruk yang naik dan menjalar di atas tanah. Hal ini dapat diatasi dengan cara menaikkan surjan pada lahan jeruk ini sehingga perbedaan tinggi air dan puncak surjan mencapai lebih kurang 40 cm (puncak surjan lebih tinggi 40 cm dari muka air) dengan demikian akar tanaman akan kembali tertutupi oleh tanah sehingga akar dapat berkembang dengan baik dan setelah akar berkembang dengan baik dilakukan pemupukan.