JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Negara membutuhkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang profesional karena PNS memegang peranan penting dalam merumuskan dan mengimplementasikan kebijakan di berbagai sektor. Pusaran inilah yang membuka peluang untuk lulusan Diploma dan Sarjana untuk melamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di seluruh kementerian dengan melewati rangkaian tes agar bisa diterima sebagai Aparatur Sipil Negara.

Selasa lalu (30-10-2018), Kementerian Pertanian melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar untuk CPNS di Kantor BKN yang merupakan Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara di Jambi. Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar Kementerian Pertanian dilakukan sebanyak 5 sesi dan diikuti 648 peserta dari keseluruhan 733 peserta yang telah lolos administrasi.

Dra. Anny Bastianingsih selaku Panitia Seleksi Instansi Kementerian Pertanian bersama tiga staf dari BPSDM, 2 orang Biro Organisasi dan Kepegawaian, 2 orang Inspektorat Jenderal, serta 12 orang dari BPTP, Karantina dan Bapeltan Jambi mengawal pelaksanaan ujian CAT ini. Secara umum ujian CAT berlangsung dengan baik walaupun cuaca hujan.

Tes CAT terdiri dari tiga bagian materi tes yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 35 soal, Tes Intelegensi Umum (TIU) sebanyak 30 soal dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 35 soal. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menetapkan nilai ambang batas dengan rincian, 143 poin untuk Tes Karakteristik Pribadi, 80 poin untuk Tes Intelegensi Umum dan 75 poin untuk Tes Wawasan Kebangsaan. Jika satu bidang tak terpenuhi, maka dipastikan peserta tes tak akan lolos, meski ia mendapat skor total di atas 298. Nilai tertinggi yang dicapai 378  dan terendah 158. Dari perhitungan cepat ujian CAT diperoleh hasil 22 peserta lolos skor di atas ambang batas.