JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

BUNGO - Ketua Kelompok Tani Karya Maju bersama anggotanya dengan pendampingan Kepala BPP Kec. Pelepat dan beberapa orang staf telah melakukan persiapan tanam padi gogo pada lahan Kelompok Tani Karya Maju di Desa Sungai Gurun Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo. Lahan disemprot dengan herbisida setelah gulma dan semak mati, kemudian dibersihkan secara manual oleh petani. Setelah lahan siap untuk ditanami (lahan telah diguyur hujan selama 3 hari berturut-turut), dilakukan penanaman padi gogo dengan cara tugal. Benih ditanam 2-3/lobang tanam.

Tanam dilakukan dengan sistem tanam Jarwo 4 : 1, jarak tanam 25 x 25 x 12.5 dengan petunjuk yang diberikan langsung di lapangan oleh peneliti BPTP Balitbangtan Jambi dan PPL karena petani belum pernah melakukan penanaman dengan sistem Jarwo. Sebelumnya petani melakukan tanam dengan sistem tegel, jarak tanam antara 25-30 x 25-30 cm, menggunakan padi varietas lokal yaitu varietas Sari Bungin dan Perak Halus yang berumur lebih kurang 5 - 6 bulan dengan produksi berkisar di 2 - 3 ton/ha dan tidak dilakukan pemupukan.

Pada Kamis (11/10/2018), BPTP Balitbangtan Jambi melakukan introduksi teknologi melalui kegiatan Indeks Pertanaman (IP) yaitu penggunaan VUB inpago 11 umur 110 hari kelas benih FS dengan pemupukan spesifik lokasi dan pengendalian HPT terpadu. Diharapkan dengan penerapan teknologi ini produksi yang diperoleh lebih dari yang biasa didapat petani dan dari segi umur tanaman VUB inpago 11 ini bisa 2 kali tanam dibandingkan penggunaan varietas lokal petani.