JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

MERANGIN - Wakil Bupati Merangin Mashuri melaksanakan panen demplot VUB padi di Kelompok Tani Makmur, Desa Rasau. Kec. Renah Pamenang Kab. Merangin, Rabu (10/10/2018). Hadir  mendampingi Wakil Bupati Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kab. Merangin bersama Kabid TPH, Kasie Serealia, Kasie Penyuluhan dan Kasie Sapras, Dandim, BPTP Balitbangtan Jambi, BP3K, Babinsa, Kades, PPL, Gapoktan, kelompok tani dan masyarakat.

VUB yang ditanam di lokasi demplot ini adalah Inpari 30, Inpari 32, Inpari 33 dan Inpara 3. Sebelum dilakukan panen oleh Wakil Bupati terlebih dahulu dilakukan pengubinan bersama BPS, BP3K, BPTP, PPL dan Babinsa. Hasil panen yang diperoleh untuk VUB Inpari 32 yaitu 6,40 - 7,02 ton/ha, kemudian VUB Inpara 3 yaitu 5.73 - 7.50 ton/ha.

Wakil Bupati mengharapkan untuk meningkatkan terus produksi padi dengan inovasi teknologi sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Dijelaskan oleh Kadis TPH Merangin bahwa pegawai Pemda Kabupaten Merangin sudah membeli beras petani. Terkait kendala yang ada dilapangan seperti serangan hama ia mengharapkan agar PPL dan BP3K proaktif dalam mencari solusinya. BPTP Jambi rencananya akan memberikan bantuan benih Inpari 30 untuk petani Desa Rasau dengan luas 33 ha.

Setelah panen padi kegiatan dilanjutkan dengan panen jagung hibrida varietas Bima URI 19 dengan hasil 6 ton/ha (harga jual Rp. 5.000/kg) dan panen melon.