JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Demplot VUB padi dilaksanakan di lokasi pendampingan Upsus Pajale dengan agroekosistem sawah irigasi di Desa Rasau Kecamatan Renah Pamenang Kabupaten Merangin. Varietas padi yang ditanam petani di Kelompok Tani Makmur ini adalah Inpari 30, Inpari 32, Inpari 33 dan Inpara 3 serta pemberian pupuk hayati Agrimeth sebagai seed treament.

Penjelasan teknis budidaya padi dengan pendekatan PTT dilakukan sebelum penanaman padi di rumah kelompok tani bersama BPTP, UPTD, PPL dan ketua kelompok tani mengenai keunggulan beberapa VUB padi, manfaat dan cara aplikasi Agrimeth serta pertanaman padi sistem jarwo 4:1.

Penanaman padi dilakukan pada bulan Juni dan pertumbuhan tanaman padi pada fase vegetatif dan fase generatif menunjukkan keragaan cukup baik. Dari ke-4 varietas tersebut terlihat VUB Inpari 30 menunjukkan keragaan lebih baik, diikuti varietas Inpari 32, Inpara 3 dan Inpari 33.

Hama yang muncul adalah hama wereng coklat, hama tersebut sudah muncul pada tanaman padi fase vegetatif. Upaya yang dilakukan dengan penyemprotan insektisida dan setelah dilakukan pengendalian menunjukkan intensitas serangan hama tersebut rendah.

Pada saat ini (3/10/2018) pertanaman padi memasuki fase menjelang panen dan panen. VUB padi yang sudah dipanen yaitu Inpari 30 dan diperoleh hasil 7,45 t/ha GKP.