JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

TEBO - Salah satu kegiatan KP4S yang dilaksanakan oleh BPTP Balitbangtan Jambi adalah Kajian Teknologi Budidaya Kedelai pada Tanaman Karet dan Kelapa Sawit di Kabupaten Tebo. Saat ini (3/10/2018) tanaman kedelai di perkebunan kelapa sawit sudah berumur lebih kurang 57 hari. Tanaman sudah berpolong, namun kondisi hujan yang masih kurang menyebabkan polong tidak terisi dengan baik sebagaimana mestinya.

Seminggu sebelumnya juga telah dilakukan pengamatan serangan hama penyakit oleh Tim Pengkaji BPTP Jambi dan ditemukan serangan virus mozaik. Saat serangan awal, petugas lapang telah menginformasikan ke petugas POPT dan sudah dijelaskan teknik pengendaliannya. Saat ini tidak ada lagi serangan susulan dari penyakit ini.

Pengamatan tinggi tanaman kedelai sudah dilakukan sebanyak 4 kali dan sudah dihentikan. Pengamatan intensitas cahaya pada areal pertanaman masih tetap dilaksanakan oleh Peneliti BPTP Jambi dan petugas lapang yang telah dilatih sebelumnya. Tujuan pengamatan intensitas cahaya ini adalah untuk mengetahui seberapa intensitas cahaya yang masuk di lahan diantara tanaman kelapa sawit sehingga diperoleh adaptasi varietas kedelai yang toleran naungan. Varietas kedelai yang diuji adalah varietas hasil Litbang Pertanian, yaitu Dena-1 dan Anjasmoro. Pengamatan awal pada intensitas cahaya 54 % atau naungan 46%. Pengamatan dengan alat Lux Meter ini akan dilakukan pada pagi, siang dan sore hari, kemudian dirata-ratakan.

Pertanaman kedelai di perkebunan karet masih mengalami kekeringan sebagaimana pertanaman pertama sebelumnya. Data curah hujan bulan Agustus 2018 sudah diperoleh dan kini sedang menunggu data curah hujan bulan September 2018.