JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive
 

MERANGIN - Tantangan yang besar dalam pengembangan hortikultura harus dihadapi dengan strategi yang tepat. Strategi pengembangan hortikultura antara lain adalah peningkatan volume dan mutu produksi. Peningkatan produksi dilakukan dengan penggunaan varietas unggul dan teknologi produksi yang efisien untuk mendapatkan pendapatan usahatani yang memadai dengan harga yang bersaing. Komoditas hortikultura, khususnya kentang merupakan komoditas potensial di Provinsi Jambi, yang mempunyai nilai ekonomi dan permintaan pasar yang tinggi.

Sejalan dengan pelaksanaan pengkajian sistem usaha tani hortikultura, maka diadakan pertemuan lapangan yang menghadirkan anggota kelompok tani, penyuluh yang terlibat aktif, perangkat desa dan narasumber dari BPTP Balitbangtan Jambi. Pertemuan dilaksanakan pada Selasa, 3 Juli 2018 di lahan kajian pertanaman kentang Desa Pulau Tengah, Jangkat, Merangin. Dalam pertemuan disampaikan teknologi usahatani kantang secara menyeluruh, terutama teknologi VUB, pemanfaatan mulsa dan biocar.

Uraian yang disampaikan oleh narasumber BPTP Hendri Purnama, M.Si., dapat menarik antusias petani dan peserta lainnya yang hadir untuk mencermati pertemuan lapangan dengan baik. Diskusi yang aktif mengalir dalam pertemuan tersebut, kepala desa yang hadir juga turut berpartisipasi dan menyampaikan apresiasi yang baik atas kegiatan ini. Harapannya nanti agar dapat diperoleh teknologi dan teknik usahatani kentang dan bawang merah yang benar-benar menguntungkan bagi petani.