JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 2 / 5

Star ActiveStar ActiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

JAMBI - Badan Litbang Kementerian Pertanian merupakan unit kerja Kementerian Pertanian yang selalu berusaha melakukan pembaharuan. Tidak hanya pada tupoksi utama yaitu berinovasi untuk menghasilkan teknologi bermanfaat tepat guna, tetapi juga terhadap birokrasi yang memiliki peranan penting agar tujuan pelayanan berkualitas prima dapat diberikan kepada stakeholder dan terutama kepada masyarakat.

Reformasi birokrasi tidak lagi bisa dipandang sebeleh mata. Jika pelaksanaan teknis berjalan baik, namun tidak diikuti oleh birokrasi yang baik maka UP dan UPT tersebut akan mendapatkan teguran. Untuk itu, Balitbangtan selalu berusaha untuk melakukan Reformasi birokrasi ditingkat UP dan UPT secara berkelanjutan.

Salah satu upaya dengan melaksanakan rapat koordinasi pemantapan reformasi birokrasi pada tanggal 5 - 6 Juli 2018, yang dihadiri lebih dari 70 orang peserta yang berasal dari perwakilan Balitbangtan, balai penelitian dan 13 BPTP dari berbagai Provinsi, serta perwakilan dari karantina dan Balai Pelatihan Pertanian Jambi. Rapat koordinasi dilaksanakan di Aula Agro Inovasi BPTP Jambi.

Rakor dibuka oleh Kepala Bagian Kerjasama, Hukum, Organisasi dan Humas Sekretariat Balitbangtan. Pada pembukaan beliau menyampaikan bahwa rakor ini bertujuan untuk memantapkan UP dan UPT dalam mengikuti penilaian oleh Menpan Reformasi Birokrasi, yang tentunya dengan melakukan perbaikan pelayanan. UPT juga diharapkan untuk terus meningkatkan kualitas dalam pengkajian.

Pada Rakor ini disampaikan beberapa materi yang mengulas tentang upaya-upaya untuk melakukan pelayanan birokrasi yang prima. Materi yang disampaikan yaitu (1) Peningkatan Pelayanan Publik Prima di Lingkungan Kementerian Pertanian yang disampaikan oleh Kabag. Organisasi, Biro Organisasi dan Kepegawaian; (2) Keterbukaan dan Pelayanan Informasi Publik di Lembaga Penelitian yang disampaikan oleh Kabag. Informasi Publik Biro Humas dan Informasi, Setjen, Kementerian Pertanian; dan (3) Pengembangan serta Strategi Pemantapan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang disampaikan oleh Kabag. Tata Laksana dan Reformasi Birokrasi, Biro Organisasi dan Kepegawaian, Setjen, Kementerian Pertanian.

Hingga saat ini ada 8 bidang yang menjadi perhatian penting dalam reformasi birokrasi Kementan yaitu revolusi mental aparatur, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas, penguatan kelembagaan, penguatan tata laksana, penguatan SDM ASN, pengaturan perundang-undangan dan pelayanan publik, yang semuanya perlu dituangkan dalam bentuk dokumen. Bidang-bidang tersebut perlu mengalami perubahan agar dapat mewujudkan pemerintahan yang efektif dan efisien, pemerintahan terbuka berbasis IT, pemerintahan partisipatif dan melayani dan sumber daya yang kompeten dan kompetitif.