JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 2 / 5

Star ActiveStar ActiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

TANJUNG JABUNG BARAT - Peran utama UPBS adalah melakukan produksi benih kelas FS (benih dasar), SS (benih penjenis) dan ES (benih sebar). Varietas benih padi yang dihasilkan oleh UPBS merupakan varietas unggul baru (VUB) padi yang telah resmi dilepas oleh Badan Litbang Pertanian, namun masih belum banyak dikenal oleh masyarakat secara luas seperti varietas Inpari, Inpara dan Inpago. Produksi benih padi varietas-varietas terbaru yang dilakukan UPBS ditujukan untuk mendukung diseminasi agar petani dapat memperoleh benih berkualitas prima dengan varietas yang lebih unggul dibandingkan yang digunakan selama ini.

Dalam rangka mendukung produksi benih padi untuk percepatan diseminasi Varietas Unggul Baru (VUB) tahun 2018, BPTP Balitbangtan Jambi melalui kegiatan Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) melaksanakan produksi benih yang bekerja sama dengan kelompok tani penangkar benih padi Karya Mukti di Desa Rawa Medang Kecamatan Batang Asam yang terdiri dari varietas Inpari 30, Inpari 33, Inpago 8 dan Inpara 3 kelas benih BS (label Kuning) serta varietas Inpari 34 dan Inpara 3 kelas benih FS (label Putih). Penanaman telah dilakukan pada minggu ke-3 April 2018 dan rencananya akan panen pada minggu ke-2 dan 3 Juli 2018.

Salah satu syarat untuk memperoleh benih bermutu yang memiliki tingkat kemurnian benih dengan kualitas yang baik, maka dilakukan kegiatan rouging  mulai dari fase vegetatif sampai fase generatif (menjelang panen). Rouging adalah kegiatan membuang rumpun-rumpun tanaman yang yang ciri-ciri morfologisnya menyimpang dari ciri-ciri varietas tanaman yang benihnya sedang diproduksi.

Untuk meningkatkan kualitas benih padi yang sedang diperbanyak, BPTP Balitbangtan Jambi bekerjasama dengan Balai Pengawasan dan Serifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPSB-TPH) Provinsi Jambi melakukan rouging, pendampingan pengawasan dan sertifikasi benih di lahan petani.