JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

BPTP BALITBANGTAN JAMBI - Komitmen mensukseskan program UPSUS Pajale kementerian pertanian diwujudkan tim BPTP Balitbangtan Jambi dengan mengunjungi dan berkoordinasi ke wilayah binaan di Kabupaten Merangin, Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Kabupaten binaan BPTP Balitbangtan Jambi merupakan penyumbang terbesar luas tambah tanam (LTT) padi Provinsi Jambi untuk periode Otober 2017 - Maret 2018. Lima puluh persen dari total LTT 100.996 ha berasal dari tiga kabupaten binaan BPTP Balitbangtan Jambi, sedangkan target LTT Padi April - September 2018,  40 % dari total LTT 80.000 ha juga berasal dari ketiga daerah tersebut. Kunjungan dan koordinasi percepatan pencapaian target tambah tanam dan sinkronisasi data LTT dengan BPS dipimpin oleh Dr. Rustam, SP., M.Si (Kepala BPTP Balitbangtan Jambi) bersama tim UPSUS Pajale BPTP Balitbangtan Jambi yang dilaksanakan dari tanggal 22 - 24 Mei 2018,

Kunjungan diawali di kabupaten Merangin yang mempunyai target LTT padi 1.864 ha untuk bulan Mei 2018. Koordinasi dilakukan di kantor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Merangin yang dihadiri oleh Ir. Rumusdar selaku Kepala Dinas Pertanian dan tim UPSUS Merangin. Beberapa kesepakatan dihasilkan, dimana Merangin akan memenuhi target LTT karena masih banyak tanam di lapangan terutama padi lading. Strategi peningkatan LTT juga dibicarakan dengan penanaman padi sawah tanpa henti walaupun dalam bulan Ramadan.

Hari kedua dilanjutkan dengan kunjungan koordinasi ke Kabupaten Kerinci, dengan agenda sinkronisasi data LTT padi dengan data Sensus Pertanian (SP) di Kantor BPS Kabupaten Kerinci. Sinkronisasi ini juga dihadiri oleh Tim UPUS dari Dinas Pertanian Provinsi Jambi dan Kabupaten Kerinci serta BPS Provinsi Jambi dan BPS Kabupaten Kerinci. Pentingnya data LTT tercatat di BPS, menjadikan indikator peningkatan kinerja Tim UPSUS Pajale Jambi.  Dari data LTT Padi kabupaten Kerinci Januari sampai Maret  2018 sejumlah 19.401 ha diharapkan bisa masuk menjadi data luas tanam yang tercatat di BPS.

Kerinci setiap hari ada tanam padi  karena air tersedia dengan sistem irigasi yang baik, sehingga keyakinan  target LTT Padi Mei untuk kabupaten Kerinci seluas 2.051 ha bisa tercapai, ini hasil koordinasi target capaian LTT yang dihadiri oleh Radium, SP., M.Si (Kepala Dinas Tanaman pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci) dan tim UPSUS BPTP Balitbangtan Jambi. Selain itu juga dibicarakan target peningkatan luas areal pertanaman jagung dengan strategi penggunaan varietas jagung Bima URI 19 dan 20 serta Nasa 29 yang dihasilkan Balitbangtan. Ini didasari dengan bagusnya pertumbuhan jagung pada demplot jagung UPSUS dan kegiatan kaji terap penyuluh yang dilaksanakan di desa Sangarang Agung Kec. Danau Kerinci dan Desa Pematang Lingkung Kec. Batang Merangin dengan luasan 12 ha.

Kunjungan hari ketiga dilakukan koordinasi dengan Tim UPSUS Pajale Kota Sungai Penuh yang dipimpin langsung oleh Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Bomberdin, SP. Kota Sungai penuh dengan luasan tanam yang kecil dibandingkan semua kabupaten di Jambi tetapi administrasi dan pelaporan LTT sudah sangat bagus sehingga keyakinan LTT sungai penuh untuk bulan Mei ini bisa dipenuhi. Tahun 2018 demplot padi UPSUS dari BPTP Balitbangtan Jambi akan dilakukan di Desa Baru Debai kota Sungai penuh dengan sistem pertanaman jajar legowo 2:1 dan penggunaaan varietas padi Inpari 28 Kerinci. Secara simbolis Dr. Rustam, SP., M.Si telah menyerahkan saprodi untuk pertanaman demplot padi di BP3K Tanah Kampung, diharapkan bisa menjadi acuan budidaya padi yang dapat menghasilkan produksi yang lebih tinggi.

Sampai dengan tanggal 27 Juni 2018, capaian LTT Merangin 92,33 % (1.721 ha), Kerinci 85,32 % (1.750 ha) dan Kota Sungai Penuh 84,51 % (431 ha). Dari hasil kunjungan koordinasi terlihat pergerakan peningkatan capaian LTT ketiga kabupaten/kota binaan BPTP Balitbangtan Jambi kearah pencapaian target LTT. Sisa target LTT akan dicapai dalam waktu 5 hari terakhir.