JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

KOTA JAMBI - Pagi ini, Jumat 25 Mei 2018 bertempat di Aula Agroinovasi, BPTP Balitbangtan Jambi mengadakan kegiatan pembahasan eksternal usulan matrik kegiatan tahun 2019. Hadir sebagai pembahas eksternal adalah Dr. Wilyus (Faperta UNJA),  Ir. Yulhelmi, M.Si (Bappeda Provinsi Jambi), Ir. Masniari (Dinas TPHP Provinsi Jambi) dan tim manajemen BPTP Balitbangtan Jambi serta ketua-ketua Kelji.

Dalam sambutannya, Kepala BPTP Balitbangtan Jambi Dr. Rustam, mengharapkan para pembahas dapat memberikan saran secara umum dan memberikan rangking prioritas terhadap setiap usulan matrik kegiatan. Untuk tahun 2019 sebanyak 17 usulan matrik kegiatan dibahas guna mendapatkan masukan untuk perbaikan dan kesempurnaan kegiatan nantinya. Diantara beberapa usulan matrik tersebut adalah: Produksi Benih Sumber Padi, Diseminasi Teknologi Budena (Budidaya Kedelai Tahan Naungan), Paket Teknologi Raisa (Rawa Intensif Super Aktual), dan lain-lain.

"Usulan matrik ini merupakan hasil padu padan yang telah dilaksanakan pada awal tahun 2018 yang tentunya bersinergi dengan Balit dan Balai Besar agar sinkron dengan kebutuhan teknologi BPTP sehingga matrik ini ada yang berupa pengkajian dan ada pula berupa diseminasi" tambah Koordinator Program dan Evaluasi Dr. Salwati dalam pembukaan sesi pembahasan.

Potensi pemanfaatan (outcome) dan dampak (impact) dari teknologi hasil kajian dan diseminasi terhadap program strategis Kementan, pembangunan pertanian daerah dan peningkatan pendapatan petani, menjadi kriteria utama  skala prioritas usulan matrik.

Dari kegiatan ini didapat beberapa kesimpulan antara lain, ke-17 usulan matrik menurut pembahasan eksternal sudah mengakomodir kebutuhan daerah. Lebih jauh, kegiatan ini nantinya diharapkan juga sampai ke fase hilirisasi produk pertanian baik dalam bentuk kajian maupun diseminasi. (KS)