JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 2 / 5

Star ActiveStar ActiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

KOTA JAMBI - Judul tersebut merupakan materi yang disampaikan oleh Ir. Endrizal, M.Sc (Peneliti Utama BPTP Balitbangtan Jambi) pada seminar bulan Mei 2018 yang dilaksanakan di Aula Agroinovasi BPTP Balitbangtan Jambi, Senin (14/5/2018). Seminar yang rutin dilaksanakan oleh KSPP BPTP Balitbangtan Jambi ini diikuti oleh pengkaji BPTP Balitbangtan Jambi.

Dalam sambutannya saat membuka acara seminar, Kepala Balai yang diwakili Kasubag. TU B. Heryanto, S.IP menyampaikan melalui kegiatan ini diharapkan dapat mempererat kebersamaan sesama tenaga fungsional untuk menunjang kegiatan balai, meningkatkan kreatifitas, memacu kegiatan penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah (KTI), terutama bagi peneliti pertama maupun peneliti muda. Kemudian bagi peneliti utama, kegiatan penelitian dan penulisan KTI tentunya harus dapat lebih ditingkatkan melalui kerjasama dengan pihak luar. 

Mengawali pemaparan materinya, Ir. Endrizal, M.Sc menjelaskan bahwa KTI merupakan tulisan hasil litbang dan/atau tinjauan, ulasan, kajian dan pemikiran sistematis yang dituangkan oleh perseorangan atau kelompok yang memenuhi kaidah ilmiah. “Kunci dalam menyusun KTI adalah menyediakan waktu untuk membaca dan menulis, dimulai dengan memanfaatkan data yang ada” paparnya. Seringkali terjadi dimana peneliti tiap tahun terlibat pengkajian, ada data tetapi tidak satupun menghasilkan KTI. Beberapa permasalahan pengkaji dalam menghasilkan KTI diantaranya adalah tidak memiliki waktu karena tugas yang banyak, tidak committed dengan jabatan, malas, tidak mampu dan ragu-ragu. Untuk itu peneliti diharapkan memiliki motivasi yang kuat serta dapat menggunakan hasil kajian sebagai inspirasi dan kreatif dalam memanfaatkan data dengan improvisasi alat analisis.

Tahapan dalam mewujudkan KTI diantaranya adalah membuat peta pikiran (mind mapping), menetapkan target tulisan dan menyiapkan naskah. Beberapa bentuk KTI hasil penelitian atau pemikiran ilmiah yakni buku, bunga rampai (bagian dari buku), jurnal, prosiding, komunikasi pendek (warta) dan makalah Iptek dalam buku, majalah popular atau surat kabar. Dari hasil diskusi diperoleh masukan agar balai turut berperan dalam mengakomodir penyusunan KTI bagi pengkaji di BPTP Balitbangtan Jambi.

Semoga kedepan seluruh pengkaji BPTP Balitbangtan Jambi akan lebih termotivasi untuk menghasilkan KTI hasil litkaji yang dapat mendorong pembangunan pertanian di Indonesia ke arah yang lebih baik.