JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Median tidak lain adalah varietas kentang hasil Badan Litbang Pertanian yang memiliki keunggulan produksi tinggi, tahan penyakit dan cocok untuk olahan keripik kentang. Karakteristik sempurna ini sudah untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri olahan keripik kentang.

Kecamatan kayu Aro yang terletak di kaki gunung Kerinci, disamping pesona alamnya juga dikenal sebagai kawasan sentra sayuran salah satunya adalah kentang. BPTP Balitbangtan Jambi melalui program perbenihan yang sudah diluncurkan sejak 2017 telah melakukan penanaman kentang varietas Median untuk benih dan kelas Median untuk konsumsi diolah menjadi keripik kentang.

Dari hasil kegiatan ini mampu menggugah petani terutama bagi industri kecil olahan keripik kentang, karena setelah diolah memberikan cita rasa, tampilan yang menarik serta harga yang menjanjikan dibanding dari jenis pendahulunya. Disamping itu rendemen juga lebih tinggi sekitar 40%. Sebagai ilustrasi dari hasil olahan yang dilakukan oleh industri olahan Rahma Fitri di Desa Kersik Tuo pada Kamis, 3 Mei 2018, harga keripik kentang Median lebih tinggi yaitu Rp 140.000 kg, sedangkan dari bahan baku kentang lain harga Rp 100.000/kg. Peluang ini sudah langsung dilirik oleh pasar produk olahan makanan ringan di Kerinci untuk menambah keragaman oleh-oleh khas Kerinci.

Dengan demikian, tunggu apalagi untuk pengembangan kentang Median, tentunya perlu perhatian pihak lain mendukung kertersedian benih secara berkelanjutan. Semoga saja kegiatan perbenihan kentang yang dilakukan BPTP di Kecamatan Kayu Aro bersama Petani dan BBIK membuka jalan dan jadi inspirasi untuk penggiat hortikultura atau investor......kenapa tidak.