JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 2 / 5

Star ActiveStar ActiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

PELAYANGAN - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi mengadakan Bimbingan Teknis untuk petani bawang merah dan penyuluh lingkup Kecamatan Pelayangan Kota Jambi yang berjumlah 30 orang. Tema Bimtek adalah penanganan pascapanen bawang merah dan pengenalan produk olahan yang dapat dihasilkan dari komoditi bawang merah. Acara diselenggarakan di Aula BPP Kecamatan Pelayangan dan pada kesempatan ini peneliti BPTP Balitbangtan Jambi diundang sebagai narasumber (2/5/2018). Kegiatan berlangsung lancar dan mendapat respon yang sangat baik dari seluruh peserta.

Penjelasan tentang penanganan pascapanen bawang merah yang mengacu kepada konsep Good Handling Practice (GHP) menjadi inovasi baru bagi petani dan penyuluh. Mengingat selama ini penanganan bawang merah pada saat panen hingga pascapanen masih jauh dari arahan konsep GHP sehingga tingkat kehilangan hasil (losses) cukup besar dan kerusakan produk khususnya pada tahap penyimpanan tidak dapat dihindari.

Peserta juga memperoleh informasi baru bahwa olahan bawang merah tidak hanya dalam bentuk bawang goreng rendah minyak tetapi bisa juga diolah menjadi minyak bawang, puree bawang, acar bawang dan tepung bawang merah. Informasi olahan ini menjadi inspirasi baru bagi perwakilan Kelompok Wanita Tani (KWT) yang hadir untuk segera mencoba membuat produk olahan yang berasal dari bawang merah.