JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

KOTA JAMBI - Dalam rangka peningkatan kompetensi pustakawan dan kinerja pengelolaan perpustakaan di lingkup Kementerian Pertanian, Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) melakukan koordinasi dan bimbingan teknis pengelolaan dan pengembangan perpustakaan IPTEK Pertanian di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi.

Selama ini perpustakaan BPTP Jambi dalam mengelola bahan perpustakaan memakai aplikasi Winisis. Dengan perkembangan teknologi pihak PUSTAKA saat ini memakai aplikasi Inlislite dari Pusat Perpustakaan Nasinal (Perpusnas). Database yang sudah ada di Winisis dimigrasikan ke aplikasi baru yaitu aplikasi Inlislite. Hasil migrasi masih ada yang harus diedit dan diperbaiki.

Materi yang disampaikan pada bimbingan teknis adalah sebagai berikut :

  1. Cara-cara mengedit dan memperbaiki serta menyempurnakan database hasil migrasi yang ada di aplikasi inlislite agar sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu perpustakaan. Diantaranya menggunakan Agrovoc online, UDC online sehingga memudahkan pustakawan dan pengelola perpustakaan dalam mengolah bahan perpustakaan.
  2. Publikasi terbitan UK/UPT Kementerian Pertanian dihimpun dalam satu wadah yakni repository.pertanian.go.id. Ini berisikan local content termasuk terbitan BPTP Jambi. Dalam penyempurnaan dan penguatan database pada aplikasi ini dibutuhkan keseragaman dan kelengkapan database, yang bertujuan untuk memudahkan para pengguna/pemustaka dalam memanfaatkan informasi yang tersedia.
  3. PUSTAKA Bogor melanggan jurnal internasional yakni Gale yang memuat sekitar 240 judul jurnal ilmiah, yang tentu sangat sayang jika tidak dimanfaatkan oleh pengguna. Cara pemanfaatan adalah dengan searching dan browsing jurnal ini yang disampaikan pada Temu Teknologi Perbenihan Padi dan Kedelai yang pesertanya merupakan penyuluh pertanian yang ada di Provinsi Jambi.
  4. Disela-sela kegiatan dilakukan kunjungan ke Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IPPTP) yang ada di Sungai Tiga. Sangat diharapkan pojok baca dikembangkan disana untuk mendekatkan informasi perpustakaan kepada pengguna berorientasikan Perpustakaan Khusus Berbasis Inklusi (PKBI) sehingga perpustakaan tidak lagi eksklusif melainkan insklusif.

Bimbingan teknis berlangsung selama 3 (tiga) hari, tanggal 23-25 Mei 2022 dengan pemateri yang kompeten dibidangnya yakni Ir. Heryati Suryantini, M.Si. Pustakawan Ahli Utama dan Sri Hardianti, A. Md. Pustakawan Penyelia dari PUSTAKA Bogor.

Semoga dengan adanya bimbingan teknis ini perpustakaan BPTP Jambi lebih maju, baik pustakawan/pengelola perpustakaan, sarana dan prasarana serta semakin berdaya guna bagi para pemustaka. (rs).

TANJUNG JABUNG BARAT - Penanggung jawab kegiatan UPBS Padi 7 ton SS (Kamalia Muliyanti, S.TP., M.Sc.) beserta anggota (Eva Salvia, S.P. dan Lidya Safitri, A.Md.) melakukan kegiatan monitoring pertumbuhan tanaman dan serangan OPT tanaman padi varietas Inpara 3 dengan luasan 3 ha di Desa Rawa Medang, Kec. Batang Asam, Kab. Tanjung Jabung Barat pada Selasa, 24 Mei 2022.

Monitoring terhadap pertumbuhan tanaman dan serangan OPT pada tanaman padi yang telah berumur ± 57 hari didampingi oleh Pengawas Benih Tanaman (PBT) Hj. Maslian, S.P dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Harianto Hasbuan, S.P. Dalam Kegiatan ini terpantau bahwa pertumbuhan tanaman padi sangat baik. PBT Hj. Maslian, S.P menyatakan meskipun masih ada serangan OPT tanaman seperti tikus, burung maupun keong namun masih dalam batas aman.

Menurut PPL Harianto Hasbuan, S.P, perkiraan tanaman padi ini dapat dipanen pada tanggal 3 Juli 2022 dengan melihat pertumbahannya yang sangat baik, dengan perkiraan produksi dapat mencapai 5 ton/ha.

Dalam kegiatan ini, Eva  Salvia, S.P  juga memberikan saran untuk menggunakan pupuk tanaman berupa eco enzyim, yang dapat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tanaman padi sehingga produksinya semakin optimal.

Sesuai dengan monitoring tanaman yang telah dilakukan diharapkan pertumbuhan tanaman padi dapat berjalan dengan baik dan panen dapat menghasilkan produksi yang optimal. (KM)

KOTA JAMBI - Peningkatan kapasitas penyuluh dilakukan melalui temu tekonologi dan diskusi inovasi teknologi. Salah satu kegiatan temtek dilakukan di Aula Agroinovasi BPTP Balitbangtan Jambi, 25 Mei 2022. Materi yang disampaikan Perbenihan Padi dan Kedelai, serta penguatan penyuluh di Jambi.

Hadir pada saat ini sebanyak 30 penyuluh Provinsi Jambi, Kepala UPTD Pelatihan dan Penyuluhan Provinsi Jambi Ir. A. Eferianda Utama, MM, dan Kepala BPTP Balitbangtan Jambi, KSPP, KTU, fungsional penyuluh. Acara diawali dengan panen sayuran hidroponik dan penanaman sayuran di pekarangan Kantor BPTP Balitbangtan Jambi, dilanjutkan pembukaan pelatihan dan penyampaian materi.

Pembukaan oleh Kepala BPTP Jambi, Dr. Salwati, SP., MSi, yang menyampaikan temtek agar dapat dilakukan dengan baik dan memberikan pencerahan atau penguatan penguasaan inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian. Sebanyak 700 teknologi inovasi Badan Litbang Pertanian sudah dihasilkan dan pada saat ini disampaikan salah satunya teknologi perbenihan padi disampaikan oleh Ir. Jumakir dan kedelai disampaikan oleh Hery Nugroho, S.P., M.P.

Kepala Balai berharap materi bisa dikuasai sebagai bahan penyuluhan di wilayah masing masing. Pada kesempataan ini, penyampaian materi dikuatkan oleh PUSTAKA Kementan yang memberikan materi searching dan browsing materi penyuluhan/informasi pertanian melalui software terbaru dengan Narasumber Ir. Heryati Suryantini, M.Si., Ahli Pustakawan Utama.

Selama dikusi dibahas materi penyuluhan berbasis inovasi teknologi spesifik lokasi Jambi dan upaya meningkatkan ilmu teknologi melalui Portal Pustaka Kementan dan pemanfaatan Repositori Publikasi Pustaka Kementan sebanyak lebih dari 14.000 artikel serta Gale App Product mendukung kapasitas penyuluh di Jambi.

Semoga temu teknologi memberikan manfaat bagi penyuluh untuk meningkat kinerja dan menambah materi penyuluhan.

KOTA JAMBI - Selama dua tahun lebih Dharma Wanita Persatuan BPTP Balitbangtan Jambi tidak melaksanakan kegiatan rutin pertemuan dharma wanita secara langsung karena kondisi pandemi Covid 19 (Corona Virus Desease). Adanya pemberitahuan resmi dari pemerintah yang menyatakan bahwa  kondisi saat ini telah membaik dari pandemi, Dharma Wanita Persatuan BPTP Balitbangtan Jambi mulai aktif kembali melaksanakan pertemuan, dengan mengadakan pertemuan rutin perdana pada tahun 2022 (minggu ke-3 bulan Mei 2022) dengan tetap mematuhi prorotokol kesehatan. 

Pertemuan secara tatap muka pada Jumat (20/5) dipimpin oleh Ibu Zulmiati Bambang Heryanto selaku Ketua DWP BPTP Jambi didampingi oleh Sekretaris, juga berkesempatan dihadiri oleh Pembina Dr. Salwati serta ibu-ibu anggota DWP BPTP Jambi.  Pertemuan dilaksanakan dalam rangka menjaga tali silaturahmi.

Mengawali sesi sambutan, Ketua Dharma Wanita menyampaikan permohonan maafnya karena pertemuan silaturrahmi terlaksana setelah 8 (delapan) bulan acara pelantikan dan serah terima jabatan Kepala BPTP serta Ketua DWP BPTP Jambi (tanggal 22 September 2021). Seraya mengucapkan syukur, Ketua DWP berharap agar program kegiatan DWP dapat ditingkatkan kedepannya dengan menampilkan materi pertemuan rutin yang dapat meningkatkan wawasan anggota DWP.

Sambutan dari Pembina DWP BPTP Jambi menyampaikan harapannya agar kehadiran anggota dapat ditingkatkan lagi, sehingga selain menjaga silaturahmi serta memperoleh arisan tabungan dan konsumsi, juga dapat membantu meningkatkan kinerja suami.  Selanjutnya, pembina juga mengarahkan bahwa dengan menghadiri pertemuan, ibu-ibu anggota DWP akan mendapatkan ilmu pengetahuan dari materi-materi pertemuan yang disampaikan oleh pemateri yang ahli di bidangnya baik dari internal BPTP maupun dari luar instansi.

Mengakhiri sambutan dan arahannya, Pembina DWP juga menyampaikan agar anggota DWP BPTP Jambi tetap menjaga silaturahmi dan kekompakan terkait adanya transformasi organisasi dalam waktu dekat pada tahun 2022, diharapkan tetap dapat mendukung pembangunan pertanian khususnya di Provinsi Jambi.  Pertemuan terbatas pengurus perlu dilaksanakan untuk membahas program kegiatan DWP BPTP Jambi tahun 2022 sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris DWP BPTP Jambi Ibu Nur Asni Busyra BS.

Masih dalam suasana Idul Fitri 1443 H tahun 2022, rangkaian acara pertemuan ditutup dengan bersalam-salaman seraya bermaaf-maafan serta mengabadikannya dengan berfoto bersama sebagai wujud dari silaturahmi dan kebersamaan. (MSR)

KOTA JAMBI - Dalam rangka melaksanakan pertemuan rutin sekaligus sinkronisasi dan diseminasi Kegiatan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi dengan penyuluh pertanian di Provinsi Jambi maka dilaksanakan rapat membahas rencana kegiatan tersebut pada Rabu (18/5/2022). Pertemuan ini dihadiri oleh Subkoordinator KSPP, Ketua Kelompok Penyuluh dan Penyuluh BPTP Jambi.

Sesuai hasil diskusi, pertemuan direncanakan akan dilaksanakan pada Rabu (25/5) mendatang dengan topik “Temu Teknologi Perbenihan Padi dan Kedelai”. Pertemuan akan dihadiri oleh Penyuluh Pertanian Provinsi Jambi (Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi, Dinas Perkebunan Provinsi Jambi dan BPTP Jambi). Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari BPTP Jambi dan UPTD Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Provinsi Jambi.

Melalui rapat persiapan ini diharapkan kegiatan temu teknologi dapat dilaksanakan dengan lancar dan tepat waktu.

Subcategories