JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

KOTA JAMBI - Dalam rangkaian menyambut terbentuknya Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) yang merupakan transformasi Badan Litbang Pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi menggelar acara senam bersama. Kegiatan dilaksanakan di lapangan kantor BPTP Jambi yang dihadiri oleh seluruh pegawai BPTP Jambi dan periset BRIN, serta sponsor acara Rumah Kito Resort Hotel Jambi, Jumat (30/9).

Melalui senam bersama yang rutin diselenggarakan ini diharapkan dapat memperkuat jalinan silaturahmi serta menumbuhkan kekompakan diantara pegawai sebagai sebuah tim kerja yang solid dan efektif untuk mendukung tercapainya target-target kinerja balai.

Kegiatan ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental antara lain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, menjaga berat badan, meningkatkan mood, mengurangi stres, serta banyak manfaat positif lainnya. Dengan fisik dan mental yang sehat dan kuat maka produktivitas dan kreativitas pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing akan semakin baik.

MUARO JAMBI – Bertempat di ruang rapat IP2TP Sungai Tiga BPTP Jambi pada hari Selasa, 27 September 2022 siswa magang SMK N 8 Muaro Jambi dan SMK PP Negeri Jambi mengikuti materi mengenai “Budidaya Tanaman Sayuran Hidroponik” dengan narasumber Mildaerizanti, SP., M.Sc.

Kegiatan diawali dengan perkenalan siswa prakerin dengan narasumber lalu dilanjutkan dengan materi dari narasumber. Pada materinya, narasumber menjelaskan tentang latar belakang munculnya sistem budidaya hidroponik dimana sistem budidaya ini merupakan suatu upaya untuk memanfaatkan potensi pengembangan sumber pangan yang berasal dari pekarangan.

Lebih lanjut narasumber menjelaskan jenis-jenis sistem pada hidroponik yaitu NFT (Nutrient Film Technique), Drip System, Ebb and Flow System, DWC (Deep Water Culture), Wick System, dan Aeroponik. Selain itu narasumber juga menjelaskan faktor penting kunci sukses berbudidaya dengan hidroponik dan cara membuat larutan ABmix yang menjadi pupuk untuk tanaman hidroponik.

Pada materi ini siswa prakerin juga diberi kesempatan untuk aktif bertanya. Dari pertanyaan-pertanyaan yang ada, narasumber menjawab dengan menganalogikan jawaban yang sederhana agar lebih mudah dipahami oleh siswa prakerin. Siswa prakerin sangat tertarik dengan materi hidroponik yang disampaikan karena merupakan suatu hal baru yang mereka ketahui. (AS)

MUARO JAMBI – Siswa prakerin SMK N 8 Muaro Jambi dan SMK PP Negeri Jambi kembali menerima materi ilmu dari narasumber Joko Supriyanto, SP. pada Rabu, 21 September 2022. Pada kesempatan ini materi yang diterima siswa prakerin yaitu Pembiakan Tanaman Secara Vegetatif. Penyampaian materi dilakukan di ruang rapat IP2TP Sungai Tiga BPTP Jambi. Materi disampaikan secara ringkas sebagai pengantar sebelum dilakukannya praktik pembiakan tanaman secara vegetatif.

Praktik pembiakan tanaman secara vegetatif yang dilakukan adalah teknik menyambung tanaman duku. Kegiatan praktik ini dilakukan pada Rabu, 28 September 2022 di rumah pembibitan IP2TP Sungai Tiga dengan dipandu oleh teknisi Yondrizal.

Tahapan awal yang dilakukan siswa prakerin adalah mengambil entres duku. Kemudian siswa prakerin diajarkan cara memilih bibit duku yang dapat dijadikan batang bawah untuk disambung. Calon batang bawah yang terpilih kemudian dipotong dan disambungkan dengan entres, setelah itu diikat dan ditutup menggunakan sungkup plastik untuk menjaga kelembaban. Setelah teknisi mencontohkan cara penyambungan, dilanjutkan dengan siswa prakerin yang mempraktikan cara menyambung. Siswa prakerin cukup antusias untuk mencoba menyambung tanaman. 

Keberhasilan penyambungan yang dilakukan akan terlihat setelah 20 hari. Jika penyambungan dilakukan dengan benar maka setelah 20 hari akan muncul tunas baru pada batang entres. Faktor yang cukup berpengaruh pada keberhasilan penyambungan diantaranya kondisi batang bawah dan batang atas, ketepatan waktu penyambungan, iklim dan keterampilan dalam penyambungan serta pemeliharaan setelah penyambungan. (AS)

MUARO JAMBI - Selasa, 27 September 2022, bertempat di UPTD Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Dinas TPHP Provinsi Jambi, Paal 15, diadakan rapat penyusunan programa penyuluhan pertanian tahun 2023. Peserta rapat antara lain penyuluh BPTP Jambi, UPTD perbenihan, bidang tanaman pangan, bidang hortikultura dan bidang peternakan.

Rapat dibuka oleh Kepala UPTD Ir. Eferianda Utama, M.M., menyampaikan penyusunan programa penyuluhan sangat penting dan wajib dibuat sebagai acuan bagi para penyuluh dalam membuat Rencana Kerja Tahunan Penyuluh ( RKTP) dan panduan kegiatan penyuluhan di lapangan. Programa yang dibuat harus ter-update dan sebagai informasi untuk stakeholder lainnya.

Dalam diskusi disampaikan BPTP Jambi sebelumnya merupakan UPT Badan Litbang Pertanian sudah bertransformasi menjadi Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP), berdasarkan Perpres No. 117 tahun 2022.  Sinergitas Perpres ini selaras dengan Permenpan No. 35 tahun 2020, tentang Butir-Butir dan Tupoksi Penyuluh Pertanian, sehingga kinerja penyuluh dapat ditingkatkan secara maksimal.

Simpulan penyusunan programa ini antara lain: data terbaru dari semua bidang  yang dibutuhkan dalam penyusunan programa pada bulan November 2022  dikumpulkan ke panitia. Bulan Januari 2023 diharapkan programa disahkan dan ditandatangani oleh Kadis TPHP Provinsi Jambi. (JAH, MSR)

KOTA JAMBI - Dalam rangka meningkatkan kinerja dan disiplin pegawai, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi menyelenggarakan rapat evaluasi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) di aula Agroinovasi, Kamis (22/9). Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Balai, Plt. Kasubbag TU, Sub Koordinator KSPP, Sub Koordinator PE, SPI, Penanggung Jawab IP2TP, Kepegawaian dan seluruh PPNPN.

Dalam arahannya Kepala BPTP Jambi Dr. Salwati menyampaikan bahwa saat ini proses pendataan dan pemetaan PPNPN BPTP Jambi sudah valid, dan 20 orang PPNPN telah diupdate/diverifikasi untuk selanjutnya dibuatkan akun webnya. Hal ini diharapkan dapat memotivasi PPNPN untuk berkinerja lebih baik lagi kedepan.

Dalam penyajian uraian pekerjaan oleh masing-masing PPNPN, Kepala Balai mengharapkan dapat disampaikan secara jujur sesuai pekerjaan yang dilakukan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan tenaga PPNPN untuk berbicara di depan umum. Kepala Balai berpesan agar disiplin dan kinerja PPNPN dapat ditingkatkan, bekerja dengan hati, penuh semangat serta mencintai pekerjaan. PPNPN dituntut tidak hanya melaksanakan tugas pokok, tetapi berkreatifitas dengan aktifitas lainnya memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan yang bermanfaat dalam mendukung kinerja balai. Kepala Balai juga mengharapkan agar seluruh PPNPN dapat menjaga kekompakan, menjaga kesopanan, tata karma, etika, dan komunikasi.

Hasil rapat evaluasi ini akan dievaluasi kembali untuk memperkuat SOP, serta mendistribusikan pekerjaan-pekerjaan ke seluruh PPNPN secara merata sesuai kapasitas dan latar belakang masing-masing pegawai. Selanjutnya akan dilakukan peningkatan kapasitas SDM PPNPN melalui pelatihan yang akan dilakukan secara berkala. Untuk mendukung pendataan dan pemetaan PPNPN, dalam kesempatan ini juga dilakukan sosialisasi pendataan non ASN yang akan dilanjutkan dengan pembuatan akun.

Melalui evaluasi ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas SDM BPTP Jambi khususnya PPNPN dalam menyambut tantangan baru tugas dan fungsi balai yaitu standardisasi instrumen pertanian menuju pertanian maju, mandiri dan modern.

Subcategories