JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

Perkuat Pemahaman GHP, BPTP Balitbangtan Jambi Dukung Brigade Pascapanen

Kota Baru- BPTP Balitbangtan Jambi berpartisipasi pada acara Pertemuan Teknis Penanganan Pascapanen Tanaman Pangan yang diselenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan. Acara dilaksanakan di Grand Hotel pada tanggal 22-24 Agustus 2017 dan diikuti oleh operator Alat dan Mesin Pertanian, Brigade pascapanen, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Kelompok Tani (Poktan) dan Unit Pengelola Jasa Alsintan (UPJA) pengelola bantuan sarana pascapanen tanaman pangan Tahun 1027 se-kab/kota se-Provinsi Jambi. Bertindak sebagai salah satu narasumber, peneliti pasca panen BPTP Balitbangtan Jambi, Desy Nofriati, SP.,M.Si menyampaikan materi berjudul Teknologi Penanganan Pascapanen (Good Handling Practices).

Acara ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman peserta terkait penerapan GHP (Good Handling Practices) sehingga harapan untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk pertanian khususnya tanaman pangan dapat diwujudkan. Implementasi konsep GHP pada tiap tahapan pascapanen tidak lain merupakan pelaksanaan dari mandat Permentan No. 44 Tahun 2009 tentang Pedoman Penanganan Pascapanen Hasil Pertanian Asal Tanaman yang Baik (Good Handling Practices).

Pustakawan BPTP Balitbangtan Jambi Ikuti Ajang Pemilihan Pustakawan Berprestasi Nasional

Meraih juara satu pemilihan pustawan berprestasi terbaik tingkat Provinsi Jambi, menghantarkan Romanti Sitanggang, A.Ma, pustakawan BPTP Balitbangtan Jambi, mengikuti ajang tingkat nasional yang dilaksanakan pada tanggal 13 hingga 19 Agustus 2017 di Jakarta. Pemilihan pustakawan  berprestasi ini bukanlah tanpa proses, tes demi tes dijalani sebagai penyaringan awal tingkat daerah. Sebanyak 3 (tiga) tahapan seleksi dilalui antara lain; tes kognitif, tes wawancara, dan  presentasi karya unggulan, yang dilaksanakan pada 20 dan 21 Juli 2017 di Jambi. Makalah yang berjudul “Pendayagunaan Informasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi Melalui Perpustakaan Digital BPTP Balitbangtan Jambi” berhasil menghantarkan beliau menuju Jakarta untuk bersaing bersama 29 orang pustakawan terbaik dari seluruh Indonesia. Makalah ini berisi upaya pustakawan dalam mendekatkan informasi teknis spesifik lokasi kepada pengguna atau pemustaka terutama petugas lapangan dan para petani, dengan memberdayakan perpustakaan digital BPTP Balitbangtan Jambi.

Pustakawan yang berasal dari Kementerian Pertanian sendiri ada 3 orang  yaitu; Pustakawan BPTP Jambi, Pustakawan BPTP Kalimantan Tengah, dan  Pustakawan SMK Pertanian Nusa Tenggara Barat. Peserta didominasi dari pustakawan Perguruan Tinggi 12 orang, pustakawan Perpustakaan dan Arsip Daerah 11 orang, pustakawan Perpustakaan Khusus 4 orang, dan pustakawan Perpustakaan Sekolah 2 orang.

Di Jakarta seluruh peserta kembali di seleksi. Bahan presentasi dibuatkan baru dengan tema: Studi kasus di perpustakaan masing-masing, terkait dengan pengembangan koleksi, organisasi informasi, layanan dan kepustakawanan, meliputi potret, masalah dan solusi.

Setelah selesai lomba, peserta mendengarkan pidato  kenegaraan  Presiden Republik Indonesia dalam rangka memperingati HUT RI ke-72 di gedung MPR, Upacara detik-detik Proklamasi dan bagi Juara I sampai dengan Juara harapan III berhak untuk mengunjungi  Istana Merdeka.

Pustakawan BPTP Balitbangtan Jambi belum dapat meraih juara Nasional, tetapi paling tidak sudah membawa nama BPTP Balibangtan Jambi ke tingkat Provinsi dan Nasional. Semoga di hari yang akan datang lebih baik lagi.

“Teruslah berlari mengejar mimpimu, adalah kata mutiara yang memacu semangat saya” ujar Romanti saat diwawancara tim website BPTP Balitbangtan Jambi. “Kalau bukan saya siapa lagi, kalo tidak sekarang kapan lagi” tambahnya seraya menutup perbincangan. Mari kita bersatu memajukan BPTP Balitbangtan Jambi  tercinta...Merdeka!!

Pengkaji BPTP Balitbangtan Jambi Belajar Jadi Wartawan

KOTABARU- Sebanyak 20 pengkaji dan pustakawan BPTP Balitbangtan Jambi yang dimotori oleh Tim Media Cetak dan Pengelolaan Website, belajar cara menulis ala wartawan, Selasa (22/8). Acara digelar di Aula Lt. 2 Gedung A BPTP Balitbangtan Jambi pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Panita mengundang Muawwin, S.Pd, seorang wartawan madya dari harian terkemuka Kota Jambi sebagai narasumber yang membahas mengenai teknik dan trik penulisan rilis pers.  Para peserta tampak antusias mengikuti workshop yang dibalut dengan diskusi santai.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis para peneliti dan penyuluh. “Selama ini minat pengkaji dalam menulis tulisan ilmiah populer mengalami penurunan. Makanya pengkaji madya diharapkan dapat memberikan motivasi dan menularkan ilmu bagi pengkaji yang lebih muda.” ujar Kasubbag.Tata Usaha, Bapak Bambang Heryanto,SIP dalam sambutannya.

Pemateri menyampaikan beberapa teknik dalam menulis dan strategi agar tulisan penyuluh bisa dimuat di media massa. Semangat!!...

Rangkaian Acara Seru BPTP Balitbangtan Jambi Memperingati 72 Tahun Indonesia Merdeka

BPTP Balitbangtan Jambi menyelenggarakan rangkaian acara untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia. Tak hanya satu hari, rangkaian acara diselenggarakan selama dua (2) hari pada 17 dan 18 Agustus 2017.
Berikut ini adalah serangkaian acara peringatan HUT RI yang bertempat di halaman kantor BPTP Balitbangtan Jambi:
17 Agustus 2017
Upacara pengibaran bendera merah putih pukul 08.00 WIB yang diikuti oleh seluruh staf karyawan/wati BPTP Balitbangtan Jambi serta ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan BPTP Jambi beserta mahasiswa/i magang. Dalam amanatnya Kepala Balai DR. Mohammad Takdir Mulyadi, MM menghimbau agar seluruh karyawan/ti dapat memaksimalkan usaha dalam mendukung target pemerintah Indonesia untuk menjadi lumbung pangan dunia pada tahun 2045,dengan berbagai usaha peningkatan produksi pertanian. Kemeriahan hari ini bertambah dengan adanya arisan DWP BPTP Jambi yang dibuka langsung oleh Ibu Hismila Takdir. Apalagi dengan pembagian door prize di tengah-tengah acara membuat kegiatan ini makin seru. Keseruan hari inipun belum berakhir dengan gelaran "Liwetan" yang diprakarsai oleh Ibu-ibu DWP yang kreatif menyediakan aneka menu masakan khas liwet yang menggoda selera. 
18 Agustus 2017
Aneka lomba khas Hari Kemerdekaan seperti lomba makan kerupuk, memasukkan bola dalam keranjang, memenuhi air dalam ember, memasukkan paku dalam botol dan lomba lari membawa kelereng dalam sendok. diselenggarakan mulai pukul 09.00 WIB setelah sebelumnya senam pagi bersama.

Tanam Perdana Jagung Hibrida Bima 20 URI Kegiatan Research Extension Linkage (REL)

Salah satu permasalahan yang ditemui dalam pengembangan tanaman jagung di Provinsi Jambi adalah ketersediaan benih yang berkualitas secara tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan petani ditingkat lapangan. Dalam mendukung ketersediaan benih jagung berkualitas, BPTP Balitbangtan Jambi terus berupaya mengembangkan produksi benih jagung, kali ini bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi melakukan kegiatan Kaji Terap Research Extension Linkage (REL) dengan komoditi produksi benih jagung Hibrida Bima 20 URI, Selasa, (15/8).

Kegiatan yang dilaksanakan di lahan kelompok tani Bungur Jaya, Desa Sungai Bungur, Kabupaten Muaro Jambi ini dihadiri langsung oleh Kepala BPTP Balitbangtan Jambi Dr. Ir. Mohammad Takdir, MM yang sekaligus berkenan melakukan tanam perdana benih tetua jagung Bima 20 URI tersebut. Turut hadir Peneliti dan Penyuluh BPTP Balitbangtan Jambi, Penyuluh Provinsi, Penyuluh Lapang, Kepala BPP, dan para petani pelaksana kegiatan.

“Jagung hibrida Bima 20 URI ini merupakan varietas karya anak bangsa dan  Varietas Unggul Baru Badan Litbang Pertanian yang saat ini sedang dikembangkan, dan diharapkan kedepan kita sudah bisa mandiri benih artinya tidak bergantung lagi kepada suplai benih jagung dari luar” ungkap Kepala BPTP Balitbangtan Jambi dalam sesi diskusi dengan petani.

Kegiatan ini mendapat respons positif dari petani, karena hasil/produksi benih dari kegiatan Kaji Terap REL ini nantinya dapat dijadikan benih dan dikembangkan lagi dalam skala lebih luas pada kelompok tani lainnya, disamping itu selama pelaksana kegiatan para petani juga akan mendapat bimbingan teknis dari peneliti dan penyuluh.

Subcategories

Subcategories