JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

YOGYAKARTA - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Jambi mengikuti Workshop Penyusunan Laporan Keuangan dan Laporan Barang Milik Negara (BMN) Lingkup Balitbangtan Triwulan III Tahun 2019 di Hotel Novotel Yogyakarta pada tanggal 14-18 Oktober 2019 yang diikuti oleh 202 peserta yang terdiri dari 64 satker dari Pejabat Eselon III, IV serta Operator SAIBA dan SIMAK BMN.

Acara dimulai dengan laporan ketua pelaksana yang disampaikan oleh Plt. Sekretaris Badan Litbang Pertanian.

Plt. Sekretaris Badan menyampaikan tujuan workshop ini adalah untuk memenuhi Peraturan Menteri Keuangan Nomor:  202/PMK.05/2016 tentang Pedoman Penyusunan dan Penyampaian Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga, Surat Kepala Biro Keuangan dan Perlengkapan Nomor 4313/KU.120/A4/09/2019 tanggal 29 Agustus 2019 tentang  Penyusunan Laporan Keuangan Triwulan III Tahun 2019, Surat Dirjen Perbendaharaan  Nomor S-1187/PB/2019 tanggal 01 Oktober 2019 tentang Penyusunan Laporan Keuangan Triwulan III Tahun 2019.

Penyusunan Laporan Keuangan dan Laporan BMN Triwulan III Tahun 2019 untuk mendapatkan informasi dan penjelasan yang cukup dari satker selaku entitas penyusunan laporan keuangan.

Informasi ini sangat penting bagi Badan Litbang dalam menyusun laporan keuangan yang “full disclosure" karena menjadi salah satu syarat penetapan Opini WTP dari BPK.

Kegiatan dilanjutkan dengan arahan Kepala Badan Litbang Pertanian yang sekaligus membuka acara workshop.

Dalam arahannya Kepala Badan menyampaikan temuan BPK atas audit Laporan Keuangan Kementerian Pertanian dan Badan Litbang Pertanian yang harus segera diselesaikan bersama karena menyangkut opini laporan keuangan tahun 2019 mendatang yang harus dipenuhi semua data dukung dan diyakini akuntabilitasnya.

Opini WTP adalah bentuk Apresiasi BPK atas hasil pemeriksaan Laporan Keuangan (LK) yang akuntabel.

Untuk mendapatkan apresiasi tersebut, Badan Litbang Pertanian wajib memenuhi:

  1. Penyajian LK yang sesuai dengan Standar Akutansi Pemerintah (SAP);
  2. Kesesuaian antara laporan realisasi anggaran dan laporan operasioanal;
  3. Tidak melanggar ketentuan dan peraturan perundang-undangan dalam pengelolaan keuangan;
  4. Mengoptimalkan Sistem Pengendalian Internal (SPI) dari Kementan/Lembaga, pendampingan dan pengawasan yang dilakukan Inspektorat Jenderal kepada seluruh satker;
  5. Penatausahaan BMN yang tertib, dengan pelaksanaan inventarisasi dan revaluasi atau penilaian kembali aset-aset yang dimiliki oleh setiap satker.

Acara dilanjutkan dengan arahan dari Inspektur Jenderal Kementan.

Dalam workshop, pembicara berasal dari Direktorat Akutansi dan Pelaporan Keuangan, Ditjen Perbendaharaan, Kemenkeu yang membahas dan membantu memberikan solusi terhadap permasalahan penyusun laporan keuangan di tingkat satker lingkup Badan Litbang Pertanian.

Pembicara dari Biro Keuangan dan Perlengkapan memaparkan solusi terhadap temuan BPK khususnya Mata Anggaran 526 di Balitbangtan, selanjutnya dilakukan verifikasi LK triwulan III Tahun 2019.

Write comment (0 Comments)

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

MUARO JAMBI - Hari ini, Jumat (18/10) bertempat di ruang rapat IP2TP diadakan acara perpisahan siswa magang SMK Negeri 1 Kempas.

Sebanyak 13 orang siswa/i magang telah melakukan prakerin (praktek kerja industri) selama 4 bulan.

Acara diikuti oleh perwakilan guru SMK Negeri 1 Kempas Edwar, Kepala IP2TP, tim IP2TP dan siswa/i magang.

Dalam sambutannya, Kepala IP2TP menyampaikan harapannya agar kedepan siswa magang dapat menerapkan ilmu yang didapatkan selama proses magang dan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Guru siswa SMKN 1 Kempas juga menyampaikan akan mempraktekkan hasil magang mereka di lingkungan sekolah.

Selanjutnya perwakilan siswa magang, Risky menyampaikan kesan dan pesan yang diperoleh selama prakerin di BPTP Jambi diantaranya ucapan terima kasih telah memberikan banyak praktek dan teori selama magang, mendapatkan ilmu dan pengalaman baru di bidang pertanian.

Kedepan pihak SMKN 1 Kempas maupun BPTP Jambi berharap dapat terus melanjutkan kesepakatan kerja sama di BPTP Jambi.

Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari SMKN 1 Kempas untuk BPTP Jambi serta penyerahan sertifikat magang.

Write comment (0 Comments)

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

KOTA JAMBI - Bertempat di ruang Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Jambi pada tanggal 17 Oktober 2019, telah dilakukan penandatanganan naskah kerja sama antara BPTP Jambi dengan Yayasan Pendidikan Al Arief Jambi terkait dukungan terhadap Pengembangan Akademi Komunitas Nurul Iman (AKNI) Muaro Jambi.  

Kerja sama yang terjalin ini merupakan salah satu bentuk eksistensi keberadaan BPTP Jambi ditengah masyarakat sekitar terutama yang berada di dalam lingkar Kebun Percobaan Sungai Tiga BPTP Jambi.

Ketersediaan fasilitas pengembangan IPTEK yang dimiliki oleh BPTP Jambi harus dapat dimanfaatkan oleh seluruh pihak yang membutuhkan.

AKNI yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Al Arief akan fokus pada pengembangan dan penerapan ilmu pertanian dan peternakan.

Oleh karena itu, keterlibatan BPTP dalam menyediakan sarana dan fasilitas belajar bagi mahasiswa AKNI sangat penting bagi Yayasan Pendidikan Al Arief.

Diharapkan pada masa mendatang pasca penandatanganan perjanjian kerja sama secara bersama, BPTP Jambi dan AKNI dapat merumuskan kegiatan atau program kegiatan bersama baik terkait transfer knowledge, pendampingan bahkan kolaborasi dalam pelaksanaan pengkajian tematik.

Pihak Yayasan Pendidikan Al Arief meyakini BPTP Jambi mampu membantu AKNI untuk mewujudkan cita cita AKNI sebagai  institusi pendidikan yang dapat menciptakan SDM siap pakai dan mampu menjawab tantangan era Revolusi 4.0.

Semoga kerja sama ini membawa kebaikan dan keberkahan bagi semua mitra BPTP Jambi.

Write comment (0 Comments)

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

KOTA JAMBI - Kamis, 17 Oktober  2019 bertempat di ruang Aula Agroinovasi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Jambi diadakan kegiatan Seminar Bulanan dengan tema “Kiat Sukses Pengajuan Proposal dengan Mitra Eksternal.”

Kegiatan diikuti oleh peneliti, penyuluh dan teknisi litkayasa lingkup BPTP Jambi.

Menghadirkan narasumber dari Universitas Jambi Dr. rer. nat. Muhaimin, S.Pd., M.Si. yang merupakan Dosen Fakultas Sains dan Teknologi.

Narasumber memiliki pengalaman yang luar biasa dalam hal kemampuan membangun jejaring kerjasama penelitian dalam skop nasional dan internasional.

Oleh karena itu, kehadiran beliau diharapkan dapat memotivasi sekaligus menginisiasi peneliti, penyuluh dan teknisi/litkayasa BPTP Jambi untuk dapat mencoba melakukan hal yang sama atau bahkan melampaui capaian tersebut.

Semoga kegiatan ini memberi manfaat yang besar bagi peningkatan kapasitas fungsional lingkup BPTP Jambi.

Write comment (0 Comments)

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

MUARO JAMBI - Sekolah Lapang adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan petani di lahan sendiri, menemukan masalah dan bersama-sama melakukan upaya memecahkan masalah yang dihadapi di bawah bimbingan pendamping.

Pada kegiatan Sekolah Lapang (SL) Kedaulatan Pangan Jagung petani akan belajar memproduksi benih jagung hibrida.

Kegiatan dilakukan di Desa Tangkit, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi pada Rabu dan Ahad (9 dan 13 Oktober 2019). 

Salah satu tahapan pembelajaran di Sekolah Lapang Kedaulatan Pangan adalah penanaman benih tetua jantan dan betina.

Bimbingan teknis dalam rangka transfer pengetahuan tentang cara persiapan tanam dan penanaman benih tetua jagung untuk produksi benih jagung hibrida diberikan oleh Peneliti BPTP Jambi.

Bimtek dihadiri oleh Ketua Kelompok Tani Wiji Asih dan anggota, anggota Kelompok Wanita Tani (KWT),  PPL, POPT, Pengawas Benih serta tim SL Kedaulatan Pangan Jagung BPTP Jambi.

Selanjutnya dilakukan penanaman benih tetua jagung meliputi kegiatan persiapan tanam dan penanaman yang dilakukan oleh petani, petugas lapang dan BPTP Jambi.

Terlebih dahulu dilakukan seed treatment yaitu sebanyak 5 kg benih tetua jantan (galur Nei9008P) dicampur dengan 10 g fungisida berbahan aktif metalaksil yang telah diberi air sebanyak 50 ml.

Setelah dicampur merata, benih dikering anginkan kemudian siap untuk ditanam.

Untuk mempermudah penanaman dibuat patok dan dilakukan pemasangan tali sebagai pedoman jarak tanam dan mengatur barisan tanaman.

Perbandingan jantan dan betina 1:3 dengan jarak tanam 70 cm x 20 cm, sehingga jarak tanam yang digunakan untuk tetua jantan adalah 280 cm x 20 cm.

Benih ditanam secara tugal sebanyak 1 biji per lubang.

Lubang tanam diberi insektisida untuk mencegah semut atau hama lainnya, kemudian lubang ditutup dengan kompos sebanyak 1 genggam.

Penanaman tetua betina (G180/MR14) dilakukan tiga hari setelah penanaman tetua jantan.

Tiga utas tali dibentangkan diantara barisan tetua jantan yang telah ditanam terlebih dahulu sebagai patokan penanaman tetua betina.

Kemudian dibuat lubang tanam menggunakan tugal dan benih ditugal 1 biji per lubang.

Lubang tanam diberi insektisida untuk mencegah semut atau hama lainnya, kemudian lubang ditutup dengan kompos sebanyak 1 genggam.

Semoga benih yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan memberikan hasil yang memuaskan, Aamiin.

Write comment (0 Comments)