JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

KOTA JAMBI - Pada Senin, 19 Agustus 2019 bertempat di ruangan Kepala BPTP Jambi telah dilakukan Penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama tentang Pelaksanaan Prakerin antara SMKN 9 Tanjung Jabung Barat dengan BPTP Jambi.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Kepala BPTP Jambi Dr. Rustam, S.P., M.Si. dan dari pihak SMKN 9 Tanjung Jabung Barat Plt. Kepala Sekolah Herman Joni, S.P.

Acara disaksikan oleh Kasie. KSPP Dr. Lutfi Izhar, S.P., M.Sc. dan perwakilan guru pembimbing dari SMKN 9 Tanjung Jabung Barat.

Kerja sama ini merupakan lanjutan dari kerja sama yang pernah dilakukan pada tahun sebelumnya.

Ini menunjukkan bahwa ada kemanfaatan yang telah diperoleh oleh kedua belah pihak sehingga dari pihak SMKN 9 Tanjung Jabung Barat melakukan permohonan kembali kerja sama terkait kegiatan Prakerin yang dilaksanakan di IPPTP Sungai Tiga.

Semoga kerja sama ini kembali memberikan kebaikan terutama dalam transfer teknologi, inovasi dan ilmu pertanian dalam arti luas.

Siswa Prakerin berjumlah 6 orang dan akan berada dalam pembinaan BPTP jambi selama 3 bulan.

Write comment (0 Comments)

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

KOTA JAMBI - Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Jambi berhasil menyampaikan laporan pemantauan yang sangat kuat kepada para Peneliti dan POPT Provinsi Jambi dalam Seminar Lokal di BW Luxury, Senin (19/08).

Pada seminar lokal yang dihadiri oleh kurang lebih 40 peserta dari Satker Kabupaten/Kota lingkup Provinsi Jambi ini, BKP memberi tajuk “Hasil Pemantauan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dengan Semangat Bersama Anda Melindungi Negeri”.

Ratna Rubiana, S.P., M.Si. dan Dilah Rita Nikara, S.P. mendapat tugas untuk mengikuti Seminar Lokal ini.

Pembukaan dilakukan oleh Kepala BKP Kelas I Jambi, Drs. Guntur, S.P., M.M.

Dalam pembukaan disebutkan bahwa salah satu Tusi BKP adalah melaksanakan pemantauan daerah sebar OPT OPTK di Provinsi Jambi yang dipresentasikan secara lokal di Provinsi Jambi, selanjutnya laporan pemantauan dipaparkan secara nasional dalam seminar nasional kelak.

Adapun tujuan akhirnya adalah untuk melihat apakah masih ada relevansi antara OPTK dari pemantauan dengan Permentan, kalau ada perubahan berarti harus diupdate.

“Rekan-rekan dari Karantina sudah melakukan pemantauan di 6 Kabupaten/Kota yaitu Kab. Kerinci, Kota Sungai Penuh, Kab. Merangin, Kab. Sarolangun, Kab. Muaro Jambi dan Kab. Tanjab Barat dengan sasaran komoditas Pajale terkait UPSUS, ditambah cabe, bawang merah, bawang putih, komoditas ekspor, serta komoditas unggulan Jambi”, papar Guntur.

Secara kreatif BKP menyusun acara seminar lokal dengan didahului oleh pemateri Ani Ardiana Susanti, S.P. menyampaikan Hasil Pemantauan Daerah Sebar OPTK Provinsi Jambi Tahun 2019.

Selanjutnya Seminar Lokal diisi materi dari dua orang narasumber yaitu peneliti dari BPTP Jambi dan dosen dari Universitas Jambi.

Berikut hasil pemantauan BKP Kelas I Jambi, OPTK Golongan Cendawan 3 jenis, OPTK Golongan Serangga 2 jenis (OPTK A2), OPTK Gulma 2 jenis sehingga total ditemukan 7 jenis OPTK.

Disambung dengan pemaparan secara rinci mengenai Ulat Grayak Spodoptera Frugiperda Hama Baru pada Tanaman Jagung di Provinsi Jambi oleh peneliti BPTP Jambi Dr. Araz Meilin, S.P., M.Si.

Narasumber Dr. Husda Marwan, S.P., M.P., memaparkan Pemantauan Daerah Sebar OPT/OPTK Tahun yang memfokuskan pada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh praktisi POPT.

Umpan balik dan tanya jawab berlangsung sangat lancar dan berhasil memuaskan rasa keingintahuan peserta.

Harapan panitia penyelenggara adalah melalui seminar lokal ini dapat menghasilkan goal secara nasional. (RR)

Write comment (0 Comments)

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

TANJUNG JABUNG TIMUR - Salah satu teknologi untuk memaksimalkan produktivitas lahan tanaman padi, jagung dan kedelai (Pajale) adalah dengan Tumpangsari Tanaman (Turiman).

Turiman dengan pola baru telah diperkenalkan tahun lalu dan diterapkan secara luas pada tahun ini dalam program Upsus Pajale termasuk di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Target Turiman Pajale di Tanjung Jabung Timur terbesar adalah pola Jagung - Kedelai dengan luas 500 ha.

Sebanyak 135 ha diantaranya berada di Kecamatan Rantau Rasau, termasuk 35 ha di Desa Karya Bakti dengan 23 ha-nya berada di Poktan Karya Baru yang diketuai Amin Nardi.

Oleh karena itu, demplot Turiman Jagung-Kedelai BPTP Jambi dilaksanakan di lokasi ini.

Demplot memiliki luas 1 ha, ditanam dan dikelola oleh Poktan dengan Juknis dan Saprodi disediakan oleh BPTP.

Kedelai ditanam lebih awal dengan rentang waktu 3 minggu dibanding jagung.

Penugalan lubang tanam dilakukan dengan jarak 40 cm x 20 cm.

Setiap lobang tanam diisi dengan 2 biji benih kedelai dari varietas Anjasmoro.

Penanaman yang dilaksanakan pada tanggal 13-14 Agustus 2019, selain didampingi oleh peneliti BPTP juga didampingi penyuluh setempat, Risanudin, SP.

Lokasi demplot berdampingan dengan lokasi Turiman Jagung - Kedelai dari program Upsus Pajale yang sudah lebih dulu ditanam.

Beberapa hal yang menjadi tantangan keberhasilan pertanaman di lokasi kegiatan saat ini adalah kekeringan dan serangan hama ulat grayak.

Mengatasi kekeringan masih dimungkinkan dengan pompanisasi.

Namun serangan ulat grayak saat ini sudah mencapai ± 10% dari populasi tanaman yang ada.

Oleh karena itu perlu diantisipasi dari awal untuk keberhasilan pertanaman di demplot.

Dengan koordinasi dan monitoring yang intensif diharapkan pertanaman di areal demplot akan memberikan hasil yang lebih baik.

Write comment (0 Comments)

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

KOTA JAMBI - Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-74 yang digelar pada 17 Agustus 2019 di halaman kantor BPTP Jambi berlangsung khidmat.

Dihadiri 3 UPT Kementerian Pertanian yakni Balai Karantina Jambi, Balai Pelatihan Pertanian Jambi serta tuan rumah BPTP Jambi.

Dharma Wanita 3 UPT Kementerian Pertanian ikut juga hadir mengikuti upacara bendera Kemerdekaan RI.

Bersamaan dengan kegiatan upacara bendera kemerdekaan RI, Dharma Wanita Persatuan (DWP) BPTP Balitbangtan Jambi menggelar pertemuan rutin Dharma Wanita 3 UPT Kementerian Pertanian yang dihadiri sekitar 50 orang anggota Dharma Wanita.

Dalam kata sambutannya, Ketua DWP BPTP Balitbangtan Jambi, Ibu Merry Rustam menyampaikan rasa bahagia dan terima kasih kepada undangan yang berkenan hadir.

Bahwasanya sebagai istri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Dharma Wanita Persatuan mesti saling bekerja sama dalam menjalankan program kerja.

Salah satunya adalah dengan menggelar pertemuan rutin 3 UPT Kementerian Pertanian. 

Sambutan juga disampaikan oleh Ketua DWP Balai Karantina Jambi. Ny. Guntur yang menyebutkan, silaturahmi merupakan hal yang penting untuk saling mengenal, berinteraksi sehingga pertemuan ini sangat memberikan manfaat bagi anggota DWP.

Pada pertemuan ini, acara yang digelar menyesuaikan dengan tema kemerdekaan HUT RI ke-74 yaitu pada saat upacara dibagikan hadiah kepada pemenang lomba, maka pertemuan ini membagikan doorprize sebanyak 40 parcel kepada anggota DWP yang hadir di Aula Agroinovasi ini.

Acara berlangsung sekitar 120 menit penuh keakraban, tentunya memberikan kesan bahagia pada seluruh anggota DWP yang hadir.

Pertemuan diakhiri dengan foto bersama. Semoga pertemuan ini juga menjadikan organisasi istri para ASN ini terus aktif melakukan kegiatan yang lebih variatif dan bermanfaat bagi internal DWP maupun eksternal. (WSM)

Write comment (0 Comments)

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

KOTA JAMBI - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi bersama Balai Pelatihan Pertanian Jambi dan Balai Karantina Pertanian Kelas I Jambi melaksanakan upacara bendera yang dihadiri Kepala Balai dan seluruh staf ketiga UPT di lapangan upacara BPTP Jambi pada Sabtu (17/08/2019) pagi.

Bertindak selaku Pembina upacara Kepala BPTP Jambi Dr. Rustam, S.P., M.Si.

Dalam amanatnya Kepala BPTP Jambi menyampaikan kembali Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 pada Sidang Bersama DPD RI dan DPR RI.

Beberapa hal yang disampaikan diantaranya adalah pembangunan yang dilakukan harus terus Indonesia sentris yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di seluruh pelosok nusantara, untuk itu diperlukan sikap optimis dan kerja keras dari semua pihak.

Di era revolusi industri jilid ke-4 saat ini persaingan semakin tajam dan perang dagang semakin memanas, sehingga harus dihadapi dengan kreativitas, inovasi, dan kecepatan.

Untuk itu dibutuhkan SDM unggul berhati Indonesia, berideologi Pancasila. SDM unggul yang toleran yang berakhlak mulia, yang terus belajar bekerja keras, berdedikasi. SDM yang berbudi pekerti luhur dan berkarakter kuat, yang menguasai keterampilan dan ilmu pengetahuan masa kini dan masa depan.

Berbekal inovasi, kualitas SDM, dan penguasaan teknologi Indonesia bisa keluar dari kutukan sumber daya alam.

Selanjutnya disampaikan bahwa regulasi harus mempermudah rakyat mencapai cita-citanya, memberikan rasa aman, memudahkan semua orang untuk berbuat baik, mendorong semua pihak untuk berinovasi menuju Indonesia Maju. Tata kelola pemerintahan yang baik tercermin dari prosedur yang cepat dan sederhana, yang membuka ruang terobosan-terobosan dan mendorong lompatan-lompatan.

Dalam pidato kenegaraan ini juga disampaikan rencana memindahkan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan, demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi.

Dirgahayu Republik Indonesia! Dirgahayu Negeri Pancasila! SDM Unggul, Indonesia Maju! Merdeka!

Write comment (0 Comments)