JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

KOTA JAMBI - Sehubungan dengan PMK No.232/PMK.05/2022 tentang Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi serta menjaga akurasi dan kualitas Laporan Keuangan dan BMN sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), Badan Litbang Pertanian menyelenggarakan Workshop Verifikasi dan Reviu Laporan Keuangan/BMN Semester II TA 2022 secara Hybrid. Kegiatan dilaksanakan tanggal 24-28 Januari 2023 di Ruang Rapat Utama Ir. Sadikin Sumintawikarta, Bogor dan melalui platform Zoom Meeting. Dari BSIP Jambi diikuti oleh Pejabat Fungsional APKAPBN yang membidangi pelaporan keuangan, petugas BMN dan petugas persediaan.

Acara dimulai dengan laporan pelaksanaan kegiatan oleh Kepala Bagian Umum Badan Litbang yang diwakili oleh Kasubbag Keuangan, Ir. Sri Purmiyanti, M.Si. Dalam laporannya disampaikan bahwa kegiatan diikuti oleh 64 satker lingkup Badan Litbang secara hybrid. Acara dilanjutkan dengan pembukaan dan arahan dari Sekretaris Badan Litbang yang diwakili oleh Kepala Bagian Umum, Bekti Subagja, A.Pi., M.Si. Dalam sambutannya disampaikan bahwa penyusunan laporan keuangan Badan Litbang Pertanian semester II TA 2022 kali ini diharapkan dapat disusun dengan sebaik-baiknya dan seoptimal mungkin, menjaga dan menerapkan transaksi keuangan sesuai Standar Akuntansi Pemerintah serta ketentuan/aturan yang berlaku agar prinsip transparansi dan akuntabilitas secara publik dapat dipertanggungjawabkan.

Disela-sela kegiatan verifikasi dan reviu, panitia menghadirkan narasumber dari Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan dan Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan, Kementerian Keuangan untuk membantu satker yang mempunyai permasalahan dan pertanyaan seputar SAKTI dan penyusunan laporan keuangan tahun 2022. Kegiatan verifikasi dan reviu laporan keuangan dilaksanakan sesuai jadwal dan counter yang telah dibagi. BSIP Jambi melakukan verifikasi dan reviu pada Kamis, 26 Januari 2023 secara online. Beberapa catatan dari verifikator dan reviewer harus segera ditindaklanjuti supaya menghasilkan Laporan Keuangan yang Transparan dan Akuntabel. (IYW)

KOTA JAMBI - Dalam rangka kunjungan kerja Ibu Negara dan OASE KIM ke Kabupaten Magelang pada 31 Januari - 01 Februari 2023, akan dilakukan serangkaian kegiatan. Salah satunya adalah pencanangan penanaman 1.000 pohon yang dilaksanakan secara hybrid di seluruh Indonesia pada 01 Februari 2023.

Penanaman pohon akan dilaksanakan secara simbolis di sekitar Candi Borobudur oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Wury Ma’ruf Amin, dan Ibu-Ibu OASE KIM. Penanaman tersebut serentak akan dilaksanakan juga di 35 provinsi dan akan disiarkan langsung melalui zoom meeting dari Agriculture War Room (AWR) Kementerian Pertanian.

Tindaklanjut persiapan acara dilakukan langsung dengan Ibu Sekda Provinsi Jambi Iin Kurniasih Sudirman, S.E. dan Sekda Provinsi Jambi Sudirman, S.H., M.H. di rumah dinas pada 26 Januari 2023. Pertemuan dihadiri oleh Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Asraf, S.Pt., M.Si. dan Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan yang diwakili Kepala UPTD Perbenihan Ir. Kgs Taufik serta KTU dan Sub Koordinator KSPP BSIP Jambi.

Perencanaan penanaman bibit buah akan dilakukan di halaman kantor Gubernur Jambi yang dihadiri oleh Ibu Gubernur, Ibu Wakil Gubernur, Ibu Sekda, Forkopimda, dinas terkait dan BSIP Jambi. Koordinasi selanjutnya akan dilaksanakan dengan langsung mengunjungi lokasi penanaman dan persiapan lainnya.

JAKARTA - Kementerian Pertanian menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2023 di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, (25/01/2023). Tema rakernas adalah “Memperkuat Sektor Pertanian sebagai Pengendali Inflasi dalam Menghadapi Krisis Pangan Dunia”. Rakernas dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. (HC.) K. H. Ma’ruf Amin.

Rakernas berlangsung secara hybrid dan diikuti oleh 2.800 peserta, terdiri dari seluruh pejabat eselon I, II dan seluruh UPT lingkup Kementerian Pertanian, serta Dinas lingkup Pertanian Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Menteri Pertanian Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.H., M.Si., hadir bersama perwakilan dari Kementerian Perekonomian, Kementerian Keuangan, dan Bappenas. Arahan Wakil Presiden antara lain: Mengidentifikasi, mendorong pengembangan dan menetapkan target produksi dari lokasi dan komoditi pangan yang tepat dalam menghadapi krisis pangan global;  Membuat terobosan-terobosan untuk membuat lompatan peningkatan produktivitas dan  peningkatan nilai tambah produk pertanian; Menggiatkan diversifikasi pangan lokal; Membangun sinergi dengan Kementerian terkait, perguruan tinggi, pemerintah daerah, dan para pihak untuk mensukseskan Prioritas Pembangunan Nasional, seperti koorporasi petani dan modernisasi pertanian.

Selanjutnya pada malam harinya dilakukan Rapat Konsolidasi Internal BSIP. Pembukaan dan arahan langsung oleh Kepala BSIP. Kepala Badan berpesan agar dapat melaksanakan target Quick Win BSIP antara lain: tersusunnya RSNI, pembentukan LSPro, tata kelola UPBS dan pendampingan penerapan standar. Selain itu tugas penting antara lain: pendampingan komoditas ekspor, khusus Provinsi Jambi komoditas Pinang Betara menjadi komoditas utama.

Pada kesempatan ini dijabarkan pula tugas dan fungsi BSIP sampai pada tugas jajaran kelompok substansi. Strategi persiapan dan penerapan program tahun 2023 didiskusikan untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh setiap UK dan UPT.

MUARO JAMBI - Sebelum melakukan pengolahan lahan menggunakan traktor, lahan yang ditumbuhi gulma dibersihkan dahulu menggunakan cara manual atau herbisida. Pada 24 Januari 2023 di Desa Pondok Meja Kecamatan Mestong tepatnya di KP BSIP dilakukan pembersihan gulma dengan herbisida kontak dosis 100 ml untuk larutan air 15 liter. Pembersihan manual dilakukan menggunakan cangkul.

Pembersihan gulma bertujuan untuk memudahkan pengolahan lahan menggunakan traktor dan mendapatkan lahan yang bersih dan terhindar dari sumber penyakit. Pembersihan gulma dilakukan oleh siswa magang, didampingi Joko Supriyanto selaku Koordinator Lapangan dan Bayu Oktareza selaku Penanggung Jawab KP BSIP.

MUARO JAMBI - Kompos merupakan kebutuhan penting untuk tanaman. Untuk meningkatkan produksi kompos dari limbah kotoran ternak, KP BSIP saat ini sedang melakukan pembuatan rumah kompos.

Rumah kompos ini berfungsi sebagai tempat produksi, pengolahan kotoran ternak menjadi kompos yang memiliki nilai ekonomis. Dengan tingginya permintaan kompos, maka salah satu fokus KP BSIP adalah konsisten untuk memperbaiki standar pengolahan kompos.

Kompos diproduksi di Kebun Percobaan BSIP di Desa Pondok Meja kecamatan Mestong. Pada 25 Januari 2023 rumah kompos sudah siap untuk digunakan.

JGLOBAL_SUBCATEGORIES